DaerahPeristiwa

Sungai Cihaur dan Cipelang Meluap, 106 Hektar Sawah dan 84 Rumah Warga Desa Sukamulya Terendam

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Sebanyak 84 rumah warga di Dusun Borojol RT 04 RW 03 Desa Sukamulya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang, terendam banjir akibat luapan Sungai Cihaur dan Cipelang.

Tah hanya rumah, luapan dua aliran sungai karena guyuran hujan deras pada Minggu (17/1/2021) malam itu, juga merendam 106 hektar pesawahan milik warga setempat.

Kepala Desa Sukamulya, Dandan menyebutkan, kondisi banjir ini hampir terjadi setiap tahun dimusim penghujan. Kali ini, ketinggiannya mencapai kurang lebih 100 sampai 150 centimeter.

Baca Juga :  Aliansi Ummat Islam Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Kantor DPRD Sumedang

“Kalau hujan besar, pasti Sungai Cipelang dan Cihaur ini meluap hingga menggenangi sawah dan sampai ke pemukiman warga,” kata kades, Senin (18/1/2021).

Menyikapi banjir langganan akibat luapan Sungai Cihaur, pihaknya sudah mengajukan normalisasi sungai kepada BBWS Cimanuk-Cisanggarung. Hanya saja hingga saat ino, tidak ada respon untuk dilakukan pengerukan sungai tersebut.

Termasuk kepada pimpinan di Kabupaten Sumedang, yakni bupati. Pihak desa, kata kades, sudah mengajukan untuk dilakukan pengerukan dan juga pembuatan embung untuk antisipasi banjir itu.

Baca Juga :  Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Sumedang Unjukrasa di Depan DPRD Sumedang

“Malahan berkas sudah lengkap dan udah masuk ke pa bupati,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumedang, Deni Agus Setiawan ST melakukan kunjungan ke lokasi banjir. Dia juga melihat secara langsung ke rumah-rumah warga yang terendam banjir langganan itu.

“Iya tadi ada puluhan rumah warga yang terendam. Termasuk juga tadi melihat kondisi sungai yang meluap itu. Banjir juga sampai merendam 106 hektar pesawahan warga. Melihat kondisi ini, dipastikan petani akan merugi. Jadi ini perlu langkah serius juga dalam penanganannya, salahsatunya untuk normalisasi aliran Sungai Cihaur dan juga Cipelang,” tukasnya. (**)

Baca Juga :  DPRD Sumedang Apresiasi Kegiatan Sosial Kodim 0610 dalam Peringatan HUT ke-77 TNI

NB:

Artikel ini merupakan revisi dari artikel sebelumnya dengan judul: Sungai Cihaur Meluap, 106 Hektar Sawah dan 12 Rumah Warga Desa Sukamulya Terendam

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button