Nasional

Siapkan Bahan Musda 2021, DPD KNPI Kota Bandung Gelar Rapimda Tahun 2020

FAJARNUSANTARA.COM, BANDUNG — Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Bandung, menggelar Rapar Pimpinan Daerah (Rapimda) Tahun 2020, Senin (28/12). Acara yang digelar di Gedung Pemuda Kartanegara Kota Bandung itu, mengusung tema ‘Konsolidasi Pemuda Untuk Merajut Persatuan Bangsa’.

Rapimda ini digelar sesuai amanat konstitusi KNPI, yang menjadi forum tertinggi kedua setelah musyawarah daerah yang diselenggarakan secara hybrid, yaitu virtual dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), guna mendukung protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Sedikitnya, terdapat 25 pesen kehadiran dari total 30 perwakilan DPK, unsur DPD dan MPI KNPI Bandung. Sedangkan sisanya, mengikuti kegiatan melalui aplikasi Zoom Meeting. Dan kegiatan ini, menjadi yang pertama diselenggarakan secara daring di tingkat kabupaten/kota.

Ketua Pelaksana Rapimda KNPI Kota Bandung, Dian Ciptadi mengatakan, Rapimda ini menjadi ajang musyawarah mengenai gagasan-gagasan yang akan dituangkan nanti dalam Musda DPD KNPI Kota Bandung Tahun 2021.

Menurutnya, terdapat tiga poin penting yang dibahas dalam Rapimda, yang tentunya untuk keberlangsungan musyawarah daerah yang akan datang. Pertama, membahas dan menetapkan kepesertaan Musda DPD KNPI Kota Bandung Tahun 2021. Kedua, membahas materi musda yang didalamnya mencakup syarat bakal calon ketua dan pengurus DPD KNPI Kota Bandung dimasa mendatang. Dan ketiga, pokok-pokok rekomendasi strategis untuk DPD KNPI Kota Bandung untuk periode selanjutnya.

“Dalam kegiatan ini, muatan atau unsur politis pasti tidak bisa dikesampingkan. Namun dengan tema yang diusung, mudah-mudahan perbedaan gagasan yang ada, akan menjadi pondasi yang kokoh untuk periode selanjutnya,” ujar Dian kepada Fajarnusantara.com.

Di tempat sama, Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara menyampaikan, seyogyanya pemuda terus mendukung kebijakan Pemerintah. Khususnya yang terjadi akhir-akhir ini, berupa kebijakan dalam penanganan Covid-19.

Disebutkan Hendra, digelarnya rapimda ini, menunjukan bahwa dalam diri pemuda, selalu ada semangat gotong-royong dan silaturahmi. Dan selanjutnya, dari sisi politis, kata Hegun -sapaan akrab- Hendra Guntara, berharap dari putusan Rapimda Tahun 2020 ini, dapat mengakomodir para pemuda terbaik Kota Bandung dan para kader organisasi kepemudaan, untuk dapat memberikan ide dan gagasannya.

“Serta menyumbangkan tenaganya untuk membangun Kota Bandung, khususnya dari dalam tubuh DPD KNPI Kota Bandung periode selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana yang datang sebagai perwakilan dari Pemkot Bandung menyampaikan harapannya, agar rapimda ini mampu melahirkan kembali kader muda terbaik Kota Bandung. Tentunya, untuk memimpin para pemuda Kota Bandung di periode selanjutnya, paska kepemimpinan Hendra Guntara.

“Di sisi lain, kami mengapresiasi Rapimda DPD KNPI Kota Bandung Tahun 2020 ini, sebagai sebuah kegiatan yang positif dalam menunjukan sebuah kegiatan, dimana semua protokol kesehatan dimasa Covid-19 dijalankan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button