Mancanegara

PHK TKI Hong Kong di Tengah Pandemi

TKI menjadi salah satu sumber pemasukan negara yang cukup besar. Akan tetapi dalam kondisi pandemi ini cukup banyak yang terancam dan sudah mengalami PHK. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena pandemi Covid 19 yang sedang melanda seluruh dunia.

Eni Lestasi adalah salah satu TKI di Hong Kong. Ia merupakan salah satu dari sekian banyak TKI yang mendapatkan dampak yang cukup besar pada kondisi ini. Tidak hanya batal pulang kampung akan tetapi Eni juga memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan di tempatnya bekerja karena kondisi Covid 19 ini. Eni tidak jadi mudik bukan karena tidak diperbolehkan majikannya akan tetapi kondisi seperti ini disebutnya hanya buang-buang waktu kerja jika ia nekat mudik di lebaran mendatang.

Bukan hanya karena gagal mudik saja, kondisi TKI di Indonesia termasuk Eni juga mengalami banyak hal tidak menyenangkan karena kondisi Covid 19 ini. Hal ini disebabkan karena himbauan untuk lockdown menyebabkan majikan dari para TKI ini semuanya di rumah. Hal ini menyebabkan para TKI harus bersedia bekerja sekitar 16 jam hingga 18 jam tiap harinya.

Bukan hanya itu saja, para TKI juga tidak bisa istirahat karena permintaan dari majikan untuk makin menjaga kebersihan dan juga menyemprotkan cairan disinfektan yang main sering. Bersyukur Eni memiliki majikan yang hingga kini masih mampu mempekerjakannya. Karena ternyata saat ini sudah cukup banyak TKI Indonesia yang di PHK karena pandemi Covid 19 ini.

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button