NasionalPemerintahanPendidikan

Penyusunan Seleksi Guru Agama Mulai Dipercepat Kemenag

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Terkait tambahan kuota sebanyak 27.303 untuk formasi guru agama pada seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 yang akan digelar Kemendikbud, saat ini Kementerian Agama tengah bergerak cepat.

Kuota itu terdiri dari 22.927 guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sisanya untuk guru agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan juga Khonghucu. Jumlah kuota ini, diluar dari 9.464 formasi guru agama yang ada di Kementerian Agama, yang diketahui merupakan sisa peserta seleksi PPPK 2019.

Seperti dikatakan Direktur PAI Rohmat Mulyana. Menurutnya, tim tengah fokus untuk menyelesaikan sesuai target yang ditetapkan panitia seleksi nasional (Panselnas).

“Sedang kejar tayang ini,” katanya di Jakarta, Senin (22/3/2021) seperti dikutip dari JPNN.com.

Dia juga menjelaskan, tambahan formasi untuk guru agama yang belum dapat direalisasikan pemerintah daerah, dikarenakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masih menunggu sosialisasi dari pusat. Hal ini, kata Rohmat, wajar terjadi. Apalagi tambahan kuota PPPK untuk guru agama belum lama disetujui.

Bila modul dan soal sudah selesai, lanjut dia, tambahan kuota PPPK formasi guru agama dapat segera disosialisasikan, untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

“Saya harap seluruh guru agama honorer untuk tenang dan bersabar,” imbaunya. (**)

Selengkapnya
Back to top button