AgamaDaerah

PC PUI dan PC Pemuda PUI Blanakan Periode 2020 – 2022 Resmi Dilantik

Persatuan Umat Islam (PUI) adalah ormas yang sudah lama berdiri sebelum ormas-ormas Islam lain yang ada di Indonesia. Dengan tujuan menggalang persatuan di kalangan bangsa Indonesia dan untuk mengurangi pertentangan di antara umat Islam.

PUI hadir dari dua perhimpungan besar, yaitu Hayatul Qulub yang didirikan oleh KH. Abdul Halim di Majalengka dan Al Ittihadiyatul Islamiyah Indonesia (AII) yang didirikan oleh KH. Ahmad Sanusi di Sukabumi.

Penyerahan SK Pengurus PC PUI dan Pemuda PUI Kecamatan Blanakan

Selanjutnya kedua organisasi besar itu mengadakan Fusi di Bogor pada Sabtu, 5 April 1952, bertepatan dengan 09 Rajab 1371 Hijriyah, maka lahirlah PUI. Adapun tokoh pendirinya KH. Abdul Halim, KH. Ahmad Sanusi, dan Mr. R. Syamsuddin merupakan tokoh yang terpilih sebagai wakil rakyat dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sampai hari ini, tepatnya di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang, secara resmi telah di adakan acara pembentukan dan pelantikan kepengurusan PC PUI Blanakan dan PC Pemuda PUI Blanakan, di Dusun Mekarsari, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Kamis (29/10).

Pengurus yang baru itupun dilantik langsung oleh PD Pemuda PUI Kabupaten Subang, Wawan Gunawan S.STP, M.AP dan hadiri oleh Komandan Brigade Intisab Subang, Abdul Rohman, tokoh PUI Patok Beusi, H. Leman dan perwakilan dari PC Pemuda PUI dan Brigade Intisab dari Patok Beusi dan Ciasem.

“Semoga dengan dibentuknya kepengurusan PC PUI dan PC Pemuda PUI Blanakan, akan bisa menambah kiprah PUI dalam Syiar Dakwah, Pendidikan Islam dan penegakan nilai-nilai Islam terutama terhadap perbaikan akhlak,” kata Wawan dalam sambutannya.

Pada pelantikan tersebut diangkat sebagai Ketua PC PUI Blanakan adalah Pardi dan Ketua PC Pemuda PUI Blanakan adalah Nanang Suparman.

“Semoga PC Pemuda PUI Blanakan bisa bersinergi dan berkontribusi terhadap masyarakat. Baik di bidang Syiar Dakwah, Pendidikan maupun Sosial Kemanusiaan,” ungkap Nanang Suparman.

Selaku ketua PC PUI Blanakan, Pardi menambahkan, acara yang cukup sederhana ini berjalan lancar dan hikmat. Terlihat semua unsur PUI baik yang dari lokal Blanakan maupun dari daerah lain berbaur bersama.

“Saya butuh bimbingan dan arahan dari PD PUI Kabupaten Subang dalam mengemban tugas sebagai Ketua PC PUI Blanakan agar bisa menjalankan tugas dengan baik,” pungkas Pardi.

Setalah proses pelantikan PC PUI dan PC Pemuda PUI Kecamatan Blanakan, dilanjut acara tablig akbar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Setelah pelantikan, acarapun dilanjutkan pada malam harinya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan narasumber Kyai Aji (Dai MNC TV),  komedian Ohang dan Fajar “Nya NyI Nyu”.

Selengkapnya
Back to top button