NasionalPemerintahan

Misteri Gempa Sumedang Diungkap BMKG, Ini Penjelasannya

FAJARNUSANTARA.COM- Minggu (31/12/2023) lalu, diguncang gempa dengan kekuatan 4.8 M yang membuat warga ketakutan. Penyebab gempa ini menjadi misteri hingga Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) turun tangan untuk mengungkapnya.Jumat 23 Februari 2024.

Setelah penyelidikan intensif, BMKG berhasil mengidentifikasi lekukan sepanjang 2,5 Km yang diduga menjadi pemicu gempa di Kabupaten Sumedang. Lekukan tersebut diberi nama Sesar Sumedang.

Baca Juga :  Sukses! KPU Sumedang Gelar Simulasi Pemilu 2024 di Padasuka TPS 13

Keterangan ini disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu, dalam konferensi di Gedung Negara Sumedang, Jum’at (23/2/2024).

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menerima dokumen dari BMKG yang menjelaskan bahwa gempa tersebut mencapai intensitas guncangan tanah terbesar hingga level VI.

Baca Juga :  BKKBN Meriahkan Pramuka Saka Wira Kartika, Berikan Pelayanan Gratis dan Bagikan Telur

Berdasarkan survei mikrotometer, nilai distribusi frekuensi bervariasi di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumedang,

“Lekukan sepanjang 2,5 Km ini berada tepat di bawah kota Sumedang sehingga tidak terlihat dari permukaan, memilki sesar tersendiri kita namakan Sesar Sumedang,” ungkap Rahayu.

Meskipun tidak ada catatan gempa susulan dalam beberapa bulan terakhir, Rahayu menegaskan bahwa kewaspadaan tetap diperlukan karena gempa bumi tidak dapat diprediksi dengan pasti.

Baca Juga :  BMKG: Fenomena di Perbatasan Bandung dan Sumedang Adalah Puting Beliung, Bukan Tornado

Ia menekankan pentingnya mengumpulkan data untuk mitigasi bencana di masa depan.

“Walaupun bencana alam tidak bisa dihindari, kita dapat melakukan mitigasi dengan mengumpulkan data yang dapat menjadi acuan dalam pembangunan wilayah,” ujar Rahayu.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button