Daerah

Melalui OMS, PD Aisyiyah Sumedang Dorong Kemajuan Daerah

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Sumedang, menggelar rakor penguatan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam rangka program Madani USAID, di pendopo rumah Hj. Isni Supriyati, S.Sos yang juga Ketua PD Aisyiyah Sumedang, Perum Mekarsari Kecamatan Sumedang Utara, Jumat (25/9).

Kegiatan yang ikuti 18 organisasi kemasyarakatan itu, sebagai tindak lanjut diseminasi dan diskusi yang sebelumnya dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) Kabupaten Sumedang.

Hj Isni mengatakan, kemandirian OMS diharap dapat menjadi suatu kolaborasi yang baik dan sehat untuk kemajuan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Yakni, melalui transparansi isu kesehatan yang kini tengah didalami pihaknya. Dia juga diharap, agar OMS ini tidak sampai mendapat suatu image kurang baik di mata pemda pada khususnya.

“Dan mudah-mudahan, kita bisa memberikan kontribusi yang baik, yang sehat untuk Pemda Kabuaten Sumedang,” kata Hj Isni.

Menurutnya, kegiatan itu mendapat dukungan dari program Madani pemerintah, melalui kerjasama dari USAID.

“Dan kita mengajukan ini bukan hanya penunjukan langsung, tapi kami mengajukan proposal dengan beberapa kriteria yang ditentukan, sehingga kita terpilih untuk menjadi mitra utama,” ujarnya.

Terkait kepesertaan, pihaknya memetakan 21 ormas yang di-cross cek kembali dengan pihak Kesbangpol. Sehingga terpilih sebanyak 18 organisasi kemasyatakatan yang saat ini hadir.

“Kegiatan ini adalah dari Aisyiyah Sumedang  dan untuk hasil dari kegiatan ini, akan dikembalikan lagi ke forum,” tambahnya.

Di tempat sama, perwakilan DPD KNPI Sumedang Ryan Syaifurrahman berharap OMS di Sumedang ini, bisa lebih dirasakan manfaatnya. Terutama dalam hal advokasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga OMS bisa jadi mitra strategis, sekaligus mitra kritis bagi Pemda Kabupaten Sumedang untuk memajukan daerah,” tukasnya. (dd)

Selengkapnya
Back to top button