DaerahPemerintahanWisata

Kolam Renang dan Camping Cipanteuneun, Magnet Baru Wisatawan

FAJARNUSANTARA.COM- Pj Bupati Sumedang, H. Yudia Ramli, meresmikan Wana Wisata Cipanteuneun di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Sabtu (29/6/2024). Acara ini juga dihadiri oleh Asda Ekbang dan Disparbudpora Kabupaten Sumedang.

Dalam peresmian ini, Pj Bupati Sumedang menaiki kuda renggong, sementara Ketua Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang memotong pita sebagai tanda pembukaan resmi.

Turut hadir Kadiskopukmpp, Camat Cimalaka, Danramil Cimalaka, Kapolsek Cimalaka, dan Kades Licin. Berbagai kuliner hasil produk UMKM dan lomba mewarnai turut meramaikan acara.

Direktur Wana Wisata Cipanteuneun, Titus Diah, menjelaskan bahwa pembukaan ini merupakan soft launching setelah Cipanteuneun vakum selama hampir tiga tahun.

Baca Juga :  Jumat Berkah Saderek Clan, Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

“Kami ingin mengembalikan Cipanteuneun ke konsep awalnya sebagai mata air yang menjadi wana wisata. Banyak generasi sekarang yang mungkin tidak tahu tentang Cipanteuneun,” ujarnya.

Titus berharap, dengan dibukanya kembali Wana Wisata Cipanteuneun yang menawarkan kolam renang, tempat camping, dan kuliner, dapat membawa kemajuan bagi Kabupaten Sumedang.

“Untuk tiket masuk saat uji coba ini hanya Rp 10 ribu. Jika ingin berenang, tiket tambahan Rp 10 ribu lagi. Sedangkan untuk camping akan ada tiket khusus,” tambahnya.

Baca Juga :  Apdesi Sumedang Minta Pj Bupati Segera Realisasikan Tuntutan Desa

Titus juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, mengingat lahan Cipanteuneun milik Perhutani belum mendapat bantuan dari pemerintah.

“Kami berharap adanya sinergi antara pengelola dan pemerintah untuk memajukan wisata ini,” katanya.

Pj Bupati Sumedang, H. Yudia Ramli, menyampaikan rasa syukurnya atas pembukaan kembali Wana Wisata Cipanteuneun.

“Sumedang kini memiliki satu lagi destinasi wisata yang diharapkan bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan pendapatan UMKM,” ujarnya.

Baca Juga :  Tono Suhartono: Bantuan Ternak Hanya untuk Petani Tembakau Teruji

Yudia menambahkan, potensi alam Sumedang sangat luar biasa untuk dijadikan destinasi wisata.

“Dengan adanya tol, diharapkan wisatawan yang biasanya ke Bandung juga bisa mengunjungi Sumedang. Pembukaan Wana Wisata Cipanteuneun diharapkan dapat meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata Sumedang,” tuturnya.

Pj Bupati juga memberikan apresiasi kepada Titus Diah dan pihak KPH Perhutani yang telah berkolaborasi dengan Pemda.

“Mari kita cari potensi lain yang bisa dijadikan wahana wisata seperti ini,” pungkasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button