DaerahNasionalPendidikan

Keren, Seorang Pelajar di Sumedang Mampu Dirikan Rumah Belajar Adinda Secara Gratis Bagi Siswa SD dan MI

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Rumah Belajar Adinda. Itulah nama tempat bimbingan belajar (bimbel) yang berdiri di Musala At-Taubah Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.

Rumah Belajar Adinda ini, baru berdiri dua tahun lalu. Atau tepatnya, pada Tahun 2019. Dan saat itu, menjelang Ramadan. Sang pendiri, membuka bimbel gratis bagi pelajar tingkat SD dan juga MI.

Sesuai dengan namanya, tempat bimbel ini diberi nama Rumah Belajar Adinda. Sebab pendirinya, bernama lengkap Adinda Nurul Fadilla. Dan bukan main, Adinda Nurul Fadilla ini, statusnya masih merupakan seorang pelajar di MAN 1 Plus Keterampilan Sumedang.

Kepada Fajarnusantara.com, Adinda bercerita awal mula dirinya mendirikan Rumah Belajar Adinda. Dimana saat itu atau pada Tahun 2019, dara cantik ini masih duduk di bangku kelas 3 SMP.

Awalnya, kata Adinda, dirinya sering kali melihat anak-anak kecil datang ke musala untuk bermain dan bercengkrama dengan teman sebanyanya. Saat itu, dia melihat anak-anak tanpa ada bimbingan dari orang dewasa. Dan selain itu, Adinda juga mengakui bahwa dirinya memang menyukai anak kecil.

Baca Juga :  Sumedang Juara ke-6 Pada MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Berawal dari sana, Adinda pun memiliki inisiatif untuk melakukan proses belajar mengajar di musala terdekat. Dan mushala ini, dekat juga dengan tempat dirinya tinggal.

“Mungkin ini adalah salahsatu ikhtiar saya untuk menyi’arkan juga agama Allah SWT. Membatu da’wah Rasulullah, meskipun tidak seberapa. Dan disitulah, Allah SWT menggerakkan hati saya untuk menjaga dan mendidik mereka, sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah,” kata Adinda.

Meski begitu, Adinda juga mengakui bahwa dirinya memang belum pantas dan belum memiliki ilmu apapun.

“Tapi saya terus dan terus memperbaiki diri untuk bisa membersamai mereka,” tuturnya.

2 tahun selama Rumah Belajar Adinda ini berdiri, Adinda nampaknya terus membersamai anak-anak didiknya. Selama itu juga, dirinya tidak pernah menerima respon negatif dari masyarakat. Terutama dari para orang tua didiknya.

Baca Juga :  Semangat Ramadhan Berbagi, MAN 1 Sumedang Beri Santunan Anak Yatim

“Semuanya memberikan respon positif kepada saya dan anak-anak,” ujarnya.

Meski begitu, hambatan memang selalu ada. Tak selamanya jalan mulus akan selalu dilewati. Begitu juga dengan keberlangsungan Rumah Belajar Adinda yang buka setiap hari Minggu di setiap pekannya.

Seperti kondisi pandemi covid-19 saat ini, yang terjadi pada awal Maret 2020 lalu. Semenjak itu, tentunya tidak boleh ada kerumunan. Belum juga dengan adanya keterhambatan dikarenakan bentrok dengan kegiatan pribadi Adinda.

Namun begitu, pada akhir bulan Desember 2020 lalu, bimbel di Rumah Belajar Adinda kembali digalakkannya. Dan dengan digalakkannya kembali, antusiasnya begitu tinggi.

“Itu menambah semangat saya untuk kembali membersamai mereka. Banyak sekali yang datang dari luar wilayah. Terharu sekali,” tutur Adinda.

Baca Juga :  Disnakertrans Sumedang Sosialisasikan UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja

One upon a time, saya banyak menerima keluh kesah mereka akibat pandemi ini,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Adinda, hambatan sudah dipastikan ada. Apalagi dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diberlakukan pemerintah.

Menurut Adinda, semenjak dilakukan PJJ, ada anak kelas 1 SD yang mengeluh kepada dirinya, tidak bisa membaca. Mereka yang baru masuk, namun belum mendapatkan pendidikan secara langsung dari gurunya. Termasuk keluhan lain dan sebagainya.

“Saya mulai berasumsi, ‘Ya Allah’, ini tugasku,” imbuhnya.

Dari sana, dirinya pun terus membulatkan tekat untuk tetap membuka bimbel Rumah Belajar Adinda.

“Ini gratis untuk adik-adik dimanapun mereka berada, yang merasakan seperti mereka. Saya niatkan untuk membantu meningkatkan budaya Literasi di lingkungan saya sendiri, dan juga saya niatkan untuk menyenangkan Allah SWT dan Rasulullah. Insya Allah. Kalau bukan kita, siapa lagi,” tutupnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button