Daerah

Jelang Panen, Petani Desa Kutamandiri Malah Diserang Hama Burung Pipit

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Para petani di Kampung Maruyung Kaler Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, diresahkan dengan serangan hama burung pipit.

Dimana pada musim penghujan kali ini, padi yang ditanam petani setempat tengah berbuah. Sehingga dalam hitungan waktu kurang dari satu bulan lagi, akan memasuki masa panen.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Jatos Ke-16, Ustadz Evi Effendi Hadir Hipnotis Pengunjung

“Disayangkan saat padi sudah masak beberapa minggu lagi dan akan dipanen, para petani malah diserang hama burung pipit,” kata Mulya, salah seorang petani setempat kepada Fajarnusantara.com, Sabtu (23/1/2021).

Disebutkan Mulya, serangan burung pipit itu, sudah meresahkan para petani sejak enam bulan kebelakang. Sehingga beberapa petani mulai menjaga padi yang siap dipanen itu.

Baca Juga :  Warga Jatinangor Mampu Membudidaya Anggur di Pekarangan Rumah

“Sekarang semua warga turun ke sawah untuk menjaga sawahnya dari serangan hama burung pipit. Biasanya warga berangkat pukul 07.00 sampai sore. Sekarang warga mulai membuat ‘bebegig’ atau orang-orangan sawah dan juga ‘gegedag’. Tapi tetap saja burungnya tidak takut, sehingga kadang ada warga yang kesorean hingga maghrib masih di saung,” jelasnya.

Baca Juga :  Gelar Digital Expo, Sumedang Siap Hadapi Tantangan Global

“Ternyata menggunakan orang-orang sawah sudah tidak cukup efektif untuk mencegah dari hama burung pemkan padi itu,” keluhnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button