Daerah

Jelang Panen, Petani Desa Kutamandiri Malah Diserang Hama Burung Pipit

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Para petani di Kampung Maruyung Kaler Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, diresahkan dengan serangan hama burung pipit.

Dimana pada musim penghujan kali ini, padi yang ditanam petani setempat tengah berbuah. Sehingga dalam hitungan waktu kurang dari satu bulan lagi, akan memasuki masa panen.

Baca Juga :  Sumedang Menjadi Penyangga Cabe Tingkat Nasional

“Disayangkan saat padi sudah masak beberapa minggu lagi dan akan dipanen, para petani malah diserang hama burung pipit,” kata Mulya, salah seorang petani setempat kepada Fajarnusantara.com, Sabtu (23/1/2021).

Disebutkan Mulya, serangan burung pipit itu, sudah meresahkan para petani sejak enam bulan kebelakang. Sehingga beberapa petani mulai menjaga padi yang siap dipanen itu.

Baca Juga :  Saat Ditemukan di Sungai Cimanuk, Ibu Kakak Aira Berada di Sumedang

“Sekarang semua warga turun ke sawah untuk menjaga sawahnya dari serangan hama burung pipit. Biasanya warga berangkat pukul 07.00 sampai sore. Sekarang warga mulai membuat ‘bebegig’ atau orang-orangan sawah dan juga ‘gegedag’. Tapi tetap saja burungnya tidak takut, sehingga kadang ada warga yang kesorean hingga maghrib masih di saung,” jelasnya.

Baca Juga :  Sumedang Tuan Rumah Forprov IV Tahun 2022

“Ternyata menggunakan orang-orang sawah sudah tidak cukup efektif untuk mencegah dari hama burung pemkan padi itu,” keluhnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button