NasionalPemerintahan

Heboh! Wabup Garut Lima Hari di Rusia, Ini Penjelasannya!

FAJARNUSANTARA.COM,- Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, mengunjungi negara Rusia sebagai narasumber dalam acara Moscow Fest Edition – Russian Creative Week pada Sabtu (8/7/2023).

Bersama-sama dengan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, dan Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono,

Wabup Garut menghadiri acara tersebut di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) untuk Rusia. Mereka diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus.
Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Ekonomi Pembangunan Rusia, Evgeniya Aksenova, perwakilan Kementerian Perindustrian Perdagangan Rusia, Victoria, dan Kepala Divisi Departemen Kerjasama Internasional, Oxana Dergach.
Dalam kunjungan selama lima hari (5-9 Juli) ini, Wakil Bupati Garut membawa misi untuk memperkenalkan potensi kerja sama ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
Wabup Garut mempresentasikan beberapa produk unggulan Garut, termasuk batik sutera, akar wangi, kulit, kopi, produk kuliner, dan kriya lainnya. Selain itu, Wabup Garut juga menawarkan peluang investasi di bidang kesehatan dan wisata Health and Wellness, ia juga mengundang para wisatawan Rusia untuk mengunjungi Garut yang memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan.
“Alhamdulillah kami telah dapat menukar informasi terkait kebudayaan, wisata, industri, perdagangan, dan peluang-peluang kerja sama di bidang tersebut,” ujar Wabup Garut.
Tidak hanya itu, Helmi juga mengundang pihak Rusia untuk menghadiri Garut Festival yang akan diadakan pada bulan Desember 2023. Ia berharap agar kerja sama dengan pihak Rusia dapat terus berlanjut.
“Mudah-mudahan kita dapat merintis dan mewujudkan proyek-proyek yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Garut, baik di industri perdagangan maupun bidang lainnya,” lanjutnya.
Helmi juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dari Poppy Dharsono dalam memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Rusia, semoga kunjungan ini membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Garut dan Indonesia secara keseluruhan.
Perwakilan Kedutaan RI untuk Rusia, Minister Counsellor Embassy of The Republic Indonesia, Adi Priatnto, menyambut baik rencana kerja sama antara kedua pihak dan akan memfasilitasi lebih lanjut.
Adi juga akan mengoordinasikan rencana tersebut dengan beberapa kementerian lain di Indonesia, tanggapan positif juga datang dari perwakilan Rusia, yang mendukung kerja sama ekonomi, industri, dan perdagangan.
Pihak Rusia berkomitmen untuk membuka akses yang luas bagi produk Garut agar dapat memasuki pasar Rusia. Selain itu, Rusia juga tertarik untuk melakukan investasi di Kabupaten Garut.
Sementara itu, perwakilan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Victoria, mengumumkan bahwa mereka akan segera melakukan MoU dengan Indonesia melalui beberapa Kementerian terkait pada bulan Oktober mendatang.

Wakil Perdana Menteri Rusia dan Pemerintah Kabupaten Garut akan turut hadir dalam acara tersebut.Evgeniya Aksenova, perwakilan Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Rusia, menyampaikan kegembiraannya dalam berbagi informasi tentang potensi di Indonesia, terutama di Garut.

Baca Juga :  PDAM Tirta Intan Garut Diperiksa Evaluasi Kinerja Direksi Seiring Berakhirnya Masa Jabatan

Ia berharap agar kerja sama yang berkelanjutan dapat dimulai pada bulan Oktober mendatang di Jakarta.

Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono, juga berharap agar kerja sama antara kedua negara dapat terus berlanjut, hubungan baik antara Rusia dan Indonesia dalam hal politik luar negeri dan juga adanya pangsa pasar penduduk muslim sebagai mayoritas kedua di Rusia menjadi faktor pendukung.

Baca Juga :  Peresmian RSU Nurhayati Cikajang Harapan Wabup Garut Pangkas Jarak Menuju Pelayanan Kesehatan

“Karena adanya kesamaan emosional dan keagamaan, serta potensi pasar lainnya,” ujarnya.

Poppy juga mengajak untuk bersama-sama memasarkan produk Kabupaten Garut di Rusia, dengan situasi geopolitik baru di dunia, semoga Indonesia dapat memanfaatkan peluang yang besar dari Rusia.***

Baca Juga :  Bupati Garut Apresiasi Semangat Persigar Meski Gugur 0-1 di Liga 3 Jawa Barat

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button