DaerahKesehatanPemerintahan

Peresmian RSU Nurhayati Cikajang Harapan Wabup Garut Pangkas Jarak Menuju Pelayanan Kesehatan

FAJARNUSANTARA.COM- Dalam sebuah perhelatan yang meriah, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, secara resmi meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Nurhayati Cikajang pada Minggu (31/12/2023).

Melibatkan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng, peresmian ini menjadi tonggak penting untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di Kabupaten Garut, khususnya di Kecamatan Cikajang dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Wabup Garut menyatakan harapannya bahwa kehadiran RSU ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh masyarakat ke fasilitas kesehatan.

“Dengan adanya rumah sakit ini, transportasi ke sini bisa dipangkas setengahnya,” ujar beliau.

Baca Juga :  PDAM Tirta Intan Garut Diperiksa Evaluasi Kinerja Direksi Seiring Berakhirnya Masa Jabatan

Lebih dari sekadar fasilitas kesehatan, RSU Nurhayati Cikajang diharapkan menjadi solusi untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Garut.

Wabup Garut menegaskan pentingnya peran RSU ini dalam upaya tersebut.

“Sehingga ini membantu untuk pelayanan terutama menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” katanya.

Dalam penilaiannya, Wabup Garut menyebut fasilitas RSU Nurhayati Cikajang sangat bagus dan representatif.

Dilengkapi dengan fasilitas bersalin, Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU), rumah sakit ini siap memberikan perawatan intensif bagi bayi dan anak-anak.

Baca Juga :  Bupati Garut Apresiasi Semangat Persigar Meski Gugur 0-1 di Liga 3 Jawa Barat

Tidak hanya itu, dr. Helmi Budiman berharap RSU Nurhayati dapat meningkatkan tipe rumah sakitnya dari tipe D ke tipe yang lebih tinggi.

Hal ini diharapkan dapat menyediakan fasilitas yang lebih lengkap bagi masyarakat.

Direktur RSU Nurhayati Cikajang, dr. Arvi Iskandar, menjelaskan beragam layanan yang ditawarkan, termasuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam, poli spesialis anak, bedah, neurologi (syaraf), penyakit dalam, obgyn, operasi bedah umum, hingga kuretase.

Dr. Arvi juga menyatakan upaya RSU untuk memfasilitasi pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setelah 3 bulan operasional.

Baca Juga :  Inovasi Unik, Pemerintah Pasang Chip di 350 Ribu Domba Garut

RSU Nurhayati Cikajang, yang mempekerjakan sekitar 100 karyawan, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di daerah Cikajang dan sekitarnya.

Dr. Arvi berharap kerjasama dengan BPJS Kesehatan, Jasa Raharja, dan asuransi swasta dapat semakin ditingkatkan.

Dengan harapan tersebut, Rumah Sakit Nurhayati Cikajang diharapkan dapat mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meningkatkan derajat kesehatan di Garut, dan memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan keluarga.(smbs)**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button