DaerahPemerintahan

Dewan Pendidikan Garut Sosialisasikan GEMMAS di 42 Kecamatan

FAJARNUSANTARA.COM- Dewan Pendidikan Kabupaten Garut menginisiasi program Gerakan Masyarakat Masuk Satuan Pendidikan (GEMMAS) guna meningkatkan jumlah siswa di Kabupaten Garut. Program ini telah disosialisasikan sejak 6 Mei 2024.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Garut, Maman Rusmana, menyatakan bahwa sosialisasi GEMMAS melibatkan camat se-Kabupaten Garut, Korwil Pendidikan kecamatan, serta organisasi masyarakat seperti MUI, PKK, dan instansi terkait pendidikan.

Maman menjelaskan, latar belakang GEMMAS berasal dari model partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pendidikan di lima kecamatan. Ia menekankan bahwa program ini dilaksanakan oleh organisasi masyarakat di tingkat desa, dengan Dewan Pendidikan hanya berperan dalam sosialisasi.

Baca Juga :  82 Mahasiswa STH Garut Diwisuda Capaian Gemilang Generasi Muda, Budi Gan Gan: Bangga Bisa Menghadirinya

“Program ini bukan kami yang melaksanakan, kami hanya sosialisasi, tapi nanti organisasi-organisasi masyarakat yang ada di tingkat desa, seperti majelis taklim,” kata Maman usai mengisi Live Talkshow FOKUS Vol.44 di Studio UPT Penyiaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (10/6/2024).

Baca Juga :  MPLS di Sumedang, Siswa Baru Sambut Seru Hari Pertama

Sosialisasi GEMMAS juga dilakukan di 42 kecamatan yang terbagi dalam sembilan wilayah, dengan partisipasi kepala desa, camat, dan organisasi lainnya di tingkat kecamatan. Setelah sosialisasi, Dewan Pendidikan akan melakukan monitoring pelaksanaan program untuk evaluasi ke depan.

Melalui GEMMAS, diharapkan Indeks Pendidikan Kabupaten Garut akan meningkat, berdampak pada kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Maman berharap program ini dapat terus berlanjut dan ditindaklanjuti oleh instansi terkait di pemerintah daerah.

Baca Juga :  Pemkab Garut Siapkan Relokasi PKL, Komitmen Bersinergi dengan Pedagang

Ia juga mengusulkan kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendata peserta didik yang bersekolah di luar Kabupaten Garut.

“Banyak peserta didik yang sekolah di luar Kabupaten Garut, jadi datanya ada di Dukcapil dalam kartu keluarga, dimana dia SMP-nya, ternyata di luar Kabupaten Garut,” tandasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button