Artikel

Bangga Menjadi Finalis Putri Duta Pramuka Indonesia 2021

Oleh :

Ai Siti Hodijah

Aktivis Pramuka Padiraka MAN 1 Sumedang, Staf TU MTs Uswatun Hasanah

SAMPAI saat ini saya belum percaya bisa masuk menjadi finalis di ajang bergensi di ke Pramukaan, menjadi Anggota Pramuka Kwartir Cabang Sumedang Jawa Barat. Terpilih sebagai 10 Besar Finalis Putri Duta Pramuka Indonesia 2021, dari tanggal tanggal 01 Desember hingga 22 Februari 2021 melalui daring @catatanpramuka @dutapramuka.id @putraputripramuka, akun resmi official Pramuka, yang kegiatannya di Prakarsai  Dewan Kerja Nasional (DKN) dan Kwartir Ranting Nasional (Kwarnas), juri diantaranya kak Yudha Adhyaksa ( Purna Ketua DKN tahun 2013- 2018).

Saya mengikuti Pemilihan Duta Pramuka Indonesia 2021 ini, yaitu awalnya saya bertujuan ingin menguji kemampuan saya mengenai bidang Kepramukaan dan saya ingin memajukan Pramuka Indonesia terkhusus Pramuka di ambalan dan Kwartir Cabang Sumedang.

Alhamdulillah bulan Desember saya mendaftar kegiatan ini, dan tanggal 02 Januari 2021, saya dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi kemudia pada tanggal 04 Januari 2021 saya mendaftar biaya administrasi. Tahap demi tahap saya lalui dengan penuh semangat, dimulai dari tahap wawancara, tes bakat, tes kepribadian/ psikotes, pembekalan dan penugasan sampai tahap malam Grand Final.

Tidak menyangka saya terpilih menjadi top 9 Duta Pramuka Indonesia 2021, saya sangat bahagia, sedih, campur aduk rasanya. Karena tujuan awal saya mengikuti kaegiatan ini bukan untuk mendapatkan gelar juara, jadi saya sangat tidak menyangka ketika saya menjadi top 9 besar Duta Pramuka Indonesia.

Karena sejatinya, bahwa terkait menang itu merupakan bonus . Yang terpenting kita harus bertanggung jawab, terus semangat dan tetap melaksanakan instruksi dari kakak penyelenggara.

“Ini bukan akhir, tapi ini merupakan awal saya untuk terus bersinergi, berkarya dan berperan aktif untuk memajukan Pramuka, serta berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan lainnya”

Harapan saya ” Semoga Pramuka Indonesia semakin maju, dapat mengikuti kemajuan teknologi, namun kita sebagai anggota harus bijak dalam menggunakannya”

Saya ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, keluarga, teman- teman, guru- guru, jajaran Pengurus Kwartir Ranting Cimalaka kak Endang Efendi, Kwarcab Sumedang, ambalan tercinta saya ( Padiraka MAN 1 Sumedang), scoutmaci, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pembina saya kak Dodi Partawijaya, S.Pd I, kak Imas Sumiati, S.Ag, kak Tatang Suganda, S. Ag, Kak Ismail Farid, M.Pd, yang selalu memberikan ilmu dan tanpa lelah dan letih support saya semoga kebaikan guruku semua di balas berlipat oleh Alloh Swt amiin.

Prestasi di Pramuka:

Pramuka Garuda tahun 2018

Cita- cita: Dosen prodi Matematika. (**)

Selengkapnya
Back to top button