DaerahPolitik

Antisipasi Bencana Jelang Pemilu 14 Februari 2024, KPU Sumedang Asesmen Risiko dengan BPBD

FAJARNUSANTARA.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah menggelar rapat koordinasi (rakor) guna mempersiapkan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak tahun 2024.

Rakor yang digelar di Hotel Puri Jatinangor pada Sabtu (10/11/2024) ini dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Sumedang dan dihadiri oleh seluruh jajaran KPU serta PPK se-Kabupaten Sumedang.

Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi A Fauzi, menyampaikan bahwa rakor ini bertujuan untuk mensukseskan Pemilu serentak 2024.

Baca Juga :  Kapolres Sumedang Ungkap Pengoplos Tabung Gas di Cijolang Tanjungsari

“Kami melaksanakan rakor bersama PPK terkait pemungutan dan penghitungan suara, sehingga PPK dapat menyampaikan penekanan kembali kepada PPS ataupun KPPS, meskipun sudah tercantum dalam buku panduan,” ungkapnya.

Dalam rakor tersebut, Ogi juga menginformasikan tentang kesiapan logistik KPU Sumedang, saat ini seluruh kecamatan sudah menerima distribusi logistik, meskipun masih ada beberapa formulir yang belum tersebar.

“Namun, kami optimis hari ini semua formulir surat suara dan Kotak Suara akan tersebar ke seluruh kecamatan, sesuai dengan target kami yang telah ditetapkan sebelumnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Satpol PP Kabupaten Sumedang: Bawaslu Rekomendasikan Penertiban Ribuan APK di Sumedang

Lebih lanjut, Ogi menyebutkan bahwa KPU Sumedang juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait dengan asesmen risiko bencana.

“Kami telah mengirimkan titik koordinat dari setiap PPS kepada BPBD untuk mendapatkan asesmen mengenai potensi bencana seperti gempa, longsor, dan banjir,” tambahnya.

Baca Juga :  Gempa Sumedang, Tim Seismologi ITB Gencarkan Penelitian Fenomena Gempa

Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi menegaskan, Jika terjadi bencana, kami siap melakukan relokasi TPS sesuai dengan rekomendasi dari BPBD.

“Hingga saat ini, belum ada pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan,” tandasnya.

Ogi menyampaikan bahwa, KPU Kabupaten Sumedang siap mengawal jalannya Pemilu serentak 2024 dengan kesiapan logistik dan antisipasi terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi. (AG)

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button