DaerahKomunitasPemerintahan

Aksi Jumat Berkah, Penanaman Pohon di Gunung Geulis

FAJARNUSANTARA.COM- Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor-Sumedang, bersama Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (UNPAD) Melakukan Pemanasan di Blok Cijati Gunung Geulis Dihadiri Kabid Dinas Kehutanan Pengelolaan Daerah aliran Sungai.

Kegiatan tersebut adalah Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP) yang dilaksanakan langsung oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat melalui Diana Kehutanan dengan tema Jumat Berkah.

Tatang Sutardi Koordinator CDK IX Wilayah I dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa, kegiatan hari ini yakni adalah rutinitas yang kami laksanakan di setiap hari Jum’at.

Baca Juga :  Prestasi Cemerlang, Sumedang Raih Juara Tata Musik Terbaik di Festival Tradisional

“Yang mana kita muter terus disetiap CDK masing-masing sesuai instruksi Pimpinan Melakukan aksi ini guna, menjaga hutan tetap asri begitu juga masyarakatnya dalam satu sisi ekonominya bisa meningkat dengan adanya penanaman pohon ini,” ujarnya.

Baca Juga :  ASN Sumedang Dilarang Judi, Ini Surat Edaran Bupati

Ia menuturkan, pohon yang kita tanami mulai dari yang keras hingga yang produktif, supaya bisa dikelola dengan baik oleh para KTH diwilayahnya.

Sementara itu Saepudin Ketua Forum Gunung Geulis menyampaikan bahwa penanaman pohon ini akan terus kita lakukan demi menjaga kelestarian hutan.

“Jangan sampai ada lahan yang gersang ataupun gambut, jika ada peluang kenapa.tidak kita kelola dengan baik,” tandasnya. Jum’at 14 Juni 2024.

Baca Juga :  PPP dan PKS Sumedang Bertemu Dekati Kesepakatan Koalisi, Teknisnya Segera Dibahas

Dikatakannya, apalagi sekarang pemerintah menggalakan program penanaman pohon, yang otomatis akan selalu kita dukung, demi menjaga hutan kita.

“Hutan dijaga maka kita juga akan dijaga oleha hutan,seperti ya, kita semua akan terhindar dari masalah bencana alam, jika hutan kita asri dan hijau kembali,” pungkasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button