DaerahKesehatan

Vaksinasi saat Ramadan, Dinkes Sumedang Matangkan Persiapan

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Proses vaksinasi covid-19 masih terus berjalan di tanah air. Begitu pun saat menginjak bulan suci Ramadan, vaksin akan terus berjalan.

Terkait hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, juga tengah mempersiapkan rencana pelaksanaan vaksin di bulan Ramadan.

“Harus memplaningnya secara matang, sehingga save bagi peaerta dan juga petugas,” kata Kabid P2P pada Dinkes Sumedang, Reny K Antom di sela vaksiniasi di Pendopo KPP, Selasa (23/3/2021) seperti melansir dari laman resmi Pemkab Sumedang.

Sesuai dengan informasi pusat, vaksinasi saat Ramadan tidak membatalkan puasa. Hanya saja untuk pelaksanaannya, harus memperhatikan berbagai faktor.

Terpenting untuk memberi sugesti kuat terkait kesiapan peserta yang akan divaksin.

“Kalau peserta siap, vaksinasi dilakukan. Tapi kalau tidak, tidak baik juga dipaksakan,” ujarnya.

Dinkes Sumedang sendiri, kata Reny, terus mempersiapkan formula yang terbaik untuk pelaksanaan vaksin saat Ramadan. Bila dilaksanakan vaksinasi saat Ramadan, peserta juga kemungkin tidak sebanyak vaksinasi biasanya.

“Kami juga menghargai baik petugas maupun peserta yang lagi menjalankan ibadah puasa. Mungkin kegiatan nanti dilakukan tidak sampai siang apalagi hingga sore,” jelasnya. (**)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button