BisnisDaerahHukum

Uji Laik Jalan Kendaraan Pariwisata, Dishub Sumedang Tegaskan Syarat

FAJARNUSANTARA.COM- Sejumlah kendaraan pariwisata di Kabupaten Sumedang menjalani uji laik jalan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sumedang pada Jumat (17/5). Pengujian ini bertempat di Kantor Pengujian Kendaraan Dishub Sumedang.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kabupaten Sumedang, Sule Sulaeman, menyatakan bahwa ada tiga unsur utama yang harus dipenuhi agar kendaraan pariwisata dapat dinyatakan laik jalan.

Baca Juga :  Kang Rinso Resmi Dapat Rekom DPP, Fokus Konsolidasi dan Komunikasi dengan Partai Lain

“Intinya, kendaraan pariwisata harus terdaftar di SPIONAM dan MitraDarat, serta kelaikan kendaraannya harus ada di BLUe,” jelas Sule kepada wartawan. Sabtu 18 Mei 2024.

Sule menegaskan bahwa ketiga persyaratan administrasi tersebut wajib dipenuhi. Jika tidak, surat kendaraan akan dinyatakan tidak laik operasi.

Baca Juga :  Budi Rahman: Sanksi Berat Bagi ASN Terlibat Judi Online

Dari pihak perusahaan otobus (PO), perwakilan PO Braga Trans, Deden Sutisna, mengapresiasi langkah pemerintah dalam mengadakan uji laik kendaraan pariwisata ini.

“Alhamdulillah, kami dari PO Bus Pariwisata Braga Trans hadir untuk memeriksa kendaraan. Dari hasil pengecekan UPT PKB Dishub Sumedang, alhamdulillah semua kendaraan kami dinyatakan laik jalan,” kata Deden.

Baca Juga :  Kerjasama Pemkab Sumedang dan IPDN Kembali Diperkuat dengan Serah Terima Jabatan

Deden menambahkan, dengan adanya pengujian ini, masyarakat bisa lebih percaya diri dalam memilih kendaraan pariwisata.

“Kendaraan yang memenuhi tiga persyaratan administrasi dari pemerintah dapat dipastikan layak beroperasi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir selama perjalanan wisata,” pungkasnya.*

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button