KesehatanNasionalPemerintahan

Tagih Janji Diangkat Jadi PNS, Massa dari PLKB Non PNS Gelar Aksi Demonstrasi di Depan Kantor BKKBN

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Sejumlah Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) non PNS dari berbagai daerah, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Pusat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berada di Cawang, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021).

Aksi ini mereka lakukan, untuk meminta diangkat sebagai PNS. Hal ini didasari atas dasar janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah menyebut hendak mengangkat 9.600 PLKB non-PNS menjadi PNS. Dalam kesempatan itu juga 10 orang perwakilan massa dari PLKB, masuk ke Kantor BKKBN.

Disela aksi, Ketua Umum Federasi PLKB, Ni Ketut Adriyani menyampaikan, PLKB di tingkat desa dan kelurahan, selamai ini tidak mendapatkan keadilan. Maka dari itu, mereka menagih janji untuk mengangkat 9.600 PLKB non-PNS menjadi PNS.

“Ketika Rakornas Bangga Kencana tahun 2021 pada tanggal 28 Januari lalu, beliau memberikan instruksi kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, untuk mempersiapkan 9.600 PLKB non-PNS menjadi PNS,” katanya, seperti dikutip dari Detik.com.

Sementara dalam aksinya itu, sekitar 600 anggota PLKB sempat melakukan long march dari Halte Halim Perdana Kusuma menuju kantor BKKBN yang ada di Cawang, Jakarta Timur. Sejak Senin pagi, massa berbaris di sisi jalan di belakang mobil komando.

“Kita bekerja, kita melakukan pelayanan untuk negara, bilam status kita tidak diakui, lebih baik putuskan hubungan,” seru orator dari mobil komando, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Para peserta aksi ini, terlihat mengenakan jas hujan dari plastik. Mereka memungsikan sebagai alat pelindung diri (APD) dengan warna merah, hijau dan juga biru.

“Tetap jaga protokol kesehatan. Jangan keluar garis yang ditentukan oleh korlap,” sambung orator.

Tak hanya itu, masaa PLKB itu menyanyikan yel-yel jalan yang dipandu melalui pengeras suara di mobil komando.

“PNS di dadaku, PNS cita-citaku, kuyakin hari ini pasti menang,” pandu orator dari atas mobil komando.

Dalam aksi ini, sejumlah aparat kepolisian juga tampak mengawal jalannya aksi sembari mengatur lalu lintas. Namun begitu, tidak ada penutupan ataupun pengalihan lalu lintas akibat aksi demonstrasi ini.

Sebelumnya, terkait hal ini, Presiden Jokowi sempat berjanji untuk mempermudah jalan petugas lapangan KB menjadi PNS. Hal itu dia sampaikan, merespons aspirasi para penyuluh KB yang disampaikan Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo.

Menurutnya, pemerintah sedang membutuhkan tenaga lapangan untuk mengeksekusi program. Sehingga, jalan para penyuluh KB menjadi PNS akan semakin terbuka. (**)

Selengkapnya
Back to top button