Budaya

Sonia Sugian: Festival Wayang Jadi Sarana Unjuk Kebolehan Nonoman Dalang Agar Diminati Kaum Milenial

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Sebannyak 15 Pendalang se-Kabupaten Sumedang berunjuk kebolehannya dalam festival pandalangan wayang golek di Dusun Cikandang Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Jum’at (20/05/2022).

Kegiatan tersebut digelar oleh Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Kabupaten Sumedang sebagai upaya Ngamumule Budaya Sunda Wayang Golek.

Ketua KPPG Kabupaten Sumedang
Sonia Sugian mengatakan, bahwa Festival Padalangan akan memperebutkan piala bergilir KPPG Kabupaten Sumedang yang akan digelar selama tiga hari tiga malam.

Baca Juga :  Kepincut Program Mesra, IPEMI Sumedang Gandeng Bank BJB Brantas Pinjol dan Bank Emok

“Demi kemajuan seni dan budaya di kabupaten Sumedang kami KPPG akan terus berjuang untuk melestarikannya.
Apalagi kita ketahui bersama, Sumedang sudah mempunyai Perda sebagai Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS) yang semestinya itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga :  KPPG Sumedang Gelar Halal Bihalal, Sekaligus Konsolidasi Kemenangan Partai Golkar 2024 Mendatang

Selanjutnya, digelarnya acara seperti ini, karena ada keluhan yang masuk terutama dari para dalang, jika sudah lama fakum karena adanya pembatasan kegiatan karena covid-19.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, selain melestarikan, juga melahirkan nonoman dalang yang profesional serta diminati oleh kaum milenial,” tandasnya.

Baca Juga :  Kang Dedi Mulyadi Hadiri Penutupan Festival Wayang Golek di Cimanggung

Sementara itu menurut ketua DPD Golkar Kabupaten Sumedang Sidik Jafar mengapresiasi kegiatan festival Padalangan ini serta sebagai wahana melestarikan kesenian wayang di kabupaten Sumedang.

“Karena dengan wayang bisa menjadi sarana edukasi dan dan dakwah bahkan bisa menjadi sarana aspirasi Bagu masyarakat,” tambahnya. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button