NasionalPendidikan

Rayakan Kemerdekaan, Kemendikbudristek Ajak Pendidik Buat Video Kreatif

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, mengajak masyarakat untuk mengikuti Lomba Rayakan Merdekamu yang dapat diikuti secara daring. Lomba ini, guna mengusi tradisi masyarakat dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Diamana biasanya, masyarakat mengadakan berbagai perlombaan. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, maupun perkantoran. Hanya saja karena sedang menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat diharap tetap dapat memperingati HUT RI.  

Salahsatu kategori lomba, ditujukan bagi pendidik yang terdiri dari guru, dosen dan tenaga kependidikan. Di kategori ini, pendidik diminta membuat video mengajar bertemakan kebinekaan, dengan durasi maksimal 60 detik.

“Lomba ini, bertujuan menyebarluaskan potret keberagaman bangsa, serta menggugah semangat toleransi melalui kegiatan kompetisi berskala nasional,” kata Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam video ajakan mengikuti lomba, seperti melansir dari laman kemdikbud.go.id.

Nadiem juga mengajak kepada semuanya, bahwa kini, saatnya ambil bagian untuk membangun bangsa dalam belajar, berkarya dan berbangsa di tengah situasi pandemi. “Mari membangun Indonesia tangguh dan tumbuh dengan merayakan kemerdekaan kita dalam belajar, berkarya, dan berbangsa,” tutur Nadiem.

Guna menghasilkan video karya kreatif, peserta harus mengenakan busana adat atau busana nuansa tradisional. Video diunggah di akun Youtube dan Instagram peserta, menggunakan tagar #rayakanmerdekamu dan menyebut (me-mention) akun Kemendikbudristek dan 3 akun Instagram teman.

Peserta dapat mulai mengunggah karyanya mulai 18 Juli hingga 9 Agustus 2021. Peserta juga, wajib mengisi formulir pendaftaran, melengkapi kelengkapan administrasi dan menyertakan tautan karya lomba. Dan untuk alur pendaftaran, pedoman, syarat umum dan khusus tentang lomba, dapat dilihat pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id.

“Untuk pemenang lomba, akan menerima hadiah seperti laptop, tablet, ponsel pintar, piagam dan hadiah hiburan. Puncak acara, rencananya diselenggarakan pada 25 Agustus 2021 untuk setiap kategori,” sebutnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button