Budaya

Peringati Bulan Bung Karno, Taruna Merah Putih Gelar Seni Budaya

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Saung Budaya Sunda (Sabusu) mendadak dipenuhi para seniman dan sejumlah pejabat tinggi ditingkat Kabupaten sampai Pusat. Sebab, ada kegiatan gelar seni budaya dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno. Kamis 30 Juni 2022.

Dalam kegiatan tersebut, nampak tampilan seni budaya khas Jawa Barat (Jabar) seperti, pencaksilat, jaipong, tari topeng, rampak kendang, seni kacapi dan lainnya warnai peringatan Bulan Bung Karno yang di inisiasi oleh kader PDI Perjuangan yang tergabung dalam Taruna Merah Putih (TMP) di Saung Budaya Sumedang (Sabusu) Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Sementara menurut Wakil Ketua Bidang Seni Budaya Dewan Pengurus Daerah (DPD) TMP Jabar, Joko Loyor mengatakan, dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno pihaknya gelar seni budaya sunda yang kerap dilaksanakan setiap tahun.

“Alhamdulillah, ada 8 jenis kesenian tradisional dari berbagai Kabupaten/Kota di Jabar yakni dari Bogor, Subang, Majalengka, Sumedang, Tasikmalaya, Bekasi, Indramayu, Cirebon dan lainnya,” ujar Joko.

Joko menuturkan, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra dan kader PDI Perjuangan terbaik lainnya se Jawa Barat.

Sementara itu menurut Ono Surono Anggota DPR RI Fraksi PDIP mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pertunjukan seni budaya, karena seni budaya merupakan sarana memperkuat karakter bangsa, apalagi kegitan ini digelar dal rangka memeriahkan Bulan Bung Karno.

Bahkan Menurut Ono, Bung Karno pernah berkata, seni budaya merupakan karakter bangsa, oleh sebab itu, sangat penting mempertahankan karakter.

“Bahkan, Bung Karno menegaskan, sejatinya Indonesia merupakan Bangsa yang tidak tergantung kepada negara lain.

Oleh karena itu, Lanjut Ono Surono, konsep Tri Sakti yang digagas oleh proklamator Indonesia Bung Karno dinilai relevan untuk di aplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Yang terkandung dalam Trisakti yakni, pertama berdaulat di bidang politik, kedua berdikari di bidang ekonomi dan ketiga berkepribadian dalam budaya,” tandas Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button