Pendidikan

MAN 1 Sumedang Laksanakan Upacara Hardiknas

FAJARNUSANTARA.COM, MAN 1 Sumedang, pada Hari Sabtu (14/05/2022) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan upacara MAN 1 Sumedang di Cimalaka.

Upacara peringatan Hardiknas semestinya dilaksanakan setiap tanggal 02 Mei. Namun, tahun ini upacara peringatan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei sesuai pedoman yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) karena tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Walaupun diundur, tetapi MAN 1 Sumedang mengadakan upacara pada tanggal 14 mei dengan tetap semangat mempersiapkan petugas upacara dan gladi resik satu hari sebelumnya oleh Paskibra MAN 1 Sumedang.

Berdasarkan pedoman, upacara Hardiknas dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengingat peserta didik kelas XII telah dinyatakan lulus pada 5 Mei lalu, peserta upacara seluruh peserta didik kelas X dan XI beserta guru dan pegawai MAN 1 Sumedang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Wakasek Kurikulum MAN 1 Sumedang, Wawan Erawan, S.Pd., M.Si bertindak sebagai pembina upacara. Pada kesempatan ini, Wawan membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, tentang kebangkitan pendidikan di Indonesia yang akan dimulai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Pada teks pidato tersebut, memaparkan secara singkat dampak positif Kurikulum merdeka yang telah diterapkan kepada 140.000 satuan pendidikan di Indonesia. Sebuah kurikulum yang memerdekakan guru dan siswa untuk terlibat dalam proses belajar yang menyenangkan.

Pada kesempatan upacara Hardiknas ini pula, Wawan menyampaikan pesan kepada guru dan peserta didik. “Kepada Bapak dan Ibu guru, mari kita senantiasa meningkatkan kedisiplinan kita. Semoga momen yang sangat bermartabat ini kita jadikan sebagai tonggak untuk kita bergerak selanjutnya memperjuangkan dan terus mensukseskan apa yang diidam-idamkan oleh lembaga yang kita banggakan ini,” pesan Wawan.

Kepada peserta didik, Wawan berpesan untuk mempersiapkan diri menyambut ujian kenaikan kelas. “Mempersiapkan diri seperti apa? Mempersiapkan diri dengan cara belajar yang sangat keras sehingga kita memperoleh nilai-nilai yang baik, tetapi juga mampu bersaing di masyarakat bahkan di lembaga perguruan tinggi, tentunya harus di barengi dengan sikap dan karakter yang bercirikan keagamaan,” jelas Wawan . *** (Dd)

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button