DaerahPolitik

KPU Sumedang Tetapkan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Wakil Rakyat, Tahapan Pemilu 2024 Berakhir, Tahapan Pilkada Dimulai

FAJARNUSANTARA.COM- Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Sumedang tahun 2024, digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor. Kamis 2 Mei 2024.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan perolehan kursi dan calon terpilih kepada masing-masing partai politik di ke enam daerah pemilihan (Dapil) se- Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Strategi Opat Masagi Kalima Pancer, Dongkrak Capaian Pemerintahan Sumedang

“Mulai dari Daerah pemilihan (Dapil) Satu sampai Daerah Pemilihan (Dapil) Enam, telah kami tetapkan,” ujarnya.

Ogi Ahmad Fauzi menuturkan bahwa, perolehan kursi di masing-masing dapil telah ditetapkan untuk setiap partai politik dan Partai Golkar memperoleh kursi terbanyak dengan 10 kursi, diikuti oleh PDIP dengan 7 kursi.

“Rapat pleno, telah berakhir maka tahapan Pemilu 2024 di tingkat kabupaten juga berakhir. Calon-calon terpilih diminta untuk melengkapi dokumen dan membuat LHKPN untuk diserahkan ke Sekretariat DPRD,” tambahnya.

Baca Juga :  Anggaran Pilkada 2024 Sumedang Disepakati, Fokus Pengamanan dan Penyelenggaraan

Selain itu, Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengumumkan bahwa, tahapan Pilkada telah dimulai.

“Hari ini adalah masa terakhir untuk perpanjangan rekrutmen PPK tingkat Kecamatan. Kami juga telah membuka pengumuman dan pendaftaran untuk tingkat desa atau PPS dari tanggal 2 hingga 8 Mei 2024,” ungkap Ogi.

Baca Juga :  Moka Sumedang 2024, Mojang Jajaka Perkaya Budaya Lokal dalam Pesta Tahunan

“Kami akan memulai penyerahan persyaratan untuk calon perseorangan pada tanggal 6 Mei 2024. Masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati dapat mulai menyerahkan dokumen persyaratannya ke KPU,” tambahnya.

Terakhir Ogi menyampaikan bahwa, proses selanjutnya akan melibatkan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Pendaftaran calon perseorangan akan berbarengan dengan pasangan calon yang diusung oleh partai politik pada bulan Agustus,” pungkasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button