PemerintahanPolitik

Kang Dudi: Komisi 1 DPRD Sumedang Usulkan Anggaran Milyaran Rupiah untuk Peningkatan Damkar

FAJARNUSANTARA.COM,- Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sumedang Fraksi PAN, Kang Dudi Supardi, mengungkapkan kekhawatiran masyarakat terkait keterlambatan penanganan musibah kebakaran oleh Dinas Satpol PP dan Damkar.

Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan efektivitas penanggulangan kebakaran, komisi tersebut melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap dinas terkait.Rabu (10/5/23)

Dalam hasil pengawasan dan pengkajian, ditemukan beberapa kelemahan pada bidang Damkar, seperti keterbatasan sarana dan prasarana yang memadai, terutama dalam hal mobil pemadam kebakaran dan perlengkapannya.

Baca Juga :  Momen Terakhir Kang Dudi di Rapat Paripurna 'Pamit' Aspirasi Masyarakat Terakhir Disuarakan

Kang Dudi Supardi sang legislator, juga menyoroti kurangnya dana pemeliharaan dan penggantian suku cadang, serta terbatasnya anggaran operasional untuk bahan bakar minyak (BBM).

Sebagai tindak lanjut, dalam rapat anggaran yang melibatkan anggota komisi 1 yang berada di Badan Anggaran, diusulkan beberapa mata anggaran untuk memenuhi kebutuhan Damkar.

Baca Juga :  Momen Terakhir Kang Dudi di Rapat Paripurna 'Pamit' Aspirasi Masyarakat Terakhir Disuarakan

Hasilnya, di tahun 2023, dianggarkan dana sebesar 1,848 miliar untuk pengadaan 1 unit mobil pemadam kebakaran, 780 juta untuk pengadaan 1 unit mobil water supply,

Lalu, lanjut Kang Dudi, 220 juta untuk pengadaan pakaian pelindung diri, 186,5 juta untuk biaya pemeliharaan, dan 165 juta untuk anggaran BBM.

Baca Juga :  Momen Terakhir Kang Dudi di Rapat Paripurna 'Pamit' Aspirasi Masyarakat Terakhir Disuarakan

“Anggaran tersebut akan dialokasikan dari APBD provinsi dan APBD Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Lebih lanjut Kang Dudi menyampaikan, sebagai langkah konkret dalam meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan Damkar dalam menghadapi situasi darurat kebakaran.

Harapannya, langkah ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat Sumedang.(SH)**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button