DaerahEkonomi

Kabid P3A Dinsos Sumedang Verifikasi Usulan Permohonan Bantuan Modal UEP KUBE Darmaraja

FAJARNUSANTARA.COM — Guna memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan penyelenggaraan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang menerjunkan 6 tim monev ke Kecamatan Darmaraja.

Kepala Bidang P3A pada Dinsos P3A Sumedang, Dian Putri Muslich, SH. MH, mengatakan, monev tersebut dilaksanakan selama seminggu sejak 7 – 11 September 2020. Bersama 5 pendamping PKH, 1 TKSK.

Sedikitnya terdapat 24 kelompok KUBE, yang terbagi menjadi 12 DTKS dan 12 Non DTKS dengan kategori 70% di bidang pertanian, 15% peternakan dan 15% perikanan.

Baca Juga :  Dinas Sosial Sumedang Gelar Pembinaan Kampung Siaga Bencana

Selama seminggu tersebut, kata Dian Putri, pihaknya menemukan kendala-kendala yang terjadi pada sejumlah KUBE. Yaitu, keterbatasan air seiring musim kemarau yang berlangsung saat ini dan lahan untuk kandang ternak yang masih harus sewa.

Namun demikian, Dian Putri mengaku, bersama  timnya sangat optimis dengan KUBE di Kecamatan Darmaraja karena sumber daya alamnya sangat melimpah serta antusiasnya masyarakat sekitar. 

“Namun kekurangan tersebut kami catat sebagai bahan evaluasi. Dan pada saat kami menemui para ketua dan anggota KUBE di lapangan mereka sangat antusias dengan adanya program KUBE ini. Saya berharap dengan adanya program KUBE di 5 kecamatan Khususnya Kecamatan Darmaraja ini dapat berjalan dengan baik dan terus berkesinambungan serta dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dinas Sosial Sumedang Gelar Pembinaan Kampung Siaga Bencana

Sementara itu, Koorcam PPKH Darmaraja Oting Sonjaya, S.Pd menuturkan, pihaknya mendukung kegiatan monev tersebut. Dirinya berharap, para pendamping PKH dan ketua KUBE di Darmaraja mendapatkan arahan ilmu yang bermanfaat dari tim monev.

“Saya juga sangat optimis dengan program KUBE ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar di tengah musibah global Pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Dinas Sosial Sumedang Gelar Pembinaan Kampung Siaga Bencana

Kemudian, Ketua KUBU Kere Jaer Sawargi, Desa Cieunteung, M. Toha menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah atas program tersebut. Pihaknya berharap program seperti itu terus berkesinambungan dan sampai kepada pihak-pihak yang berhak.

“Saya dan rekan-rekan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Sumedang khususnya Pak Bupati dengan adanya program bantuan KUBE ini sangat membantu masyarakat seperti kami. Semoga program-program seperti ini terus ada dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Selengkapnya
Back to top button