Ekonomi

Jenis dan Pengelompokan Ilmu Ekonomi

Anda pasti sudah tahu pengertian dari ekonomi. Selain definisi, kebanyakan orang bahkan sudah paham betul fungsi ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari hari. Meskipun demikian, adalah hal tepat bagi anda untuk memperoleh ilmu tambahan mengenai arti singkat ekonomi di bawah ini. 

Ekonomi merupakan sesuatu yang cukup erat kaitannya dengan kebutuhan manusia. Ekonomi juga sering berbicara tentang kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Ilmu ekonomi dimanfaatkan manusia bumi setiap saat dalam berbagai bidang, terutama dalam pemasaran. 

Ekonomi sendiri memiliki jenis dan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok, di antaranya ialah :

  • Ilmu ekonomi deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif merupakan suatu ilmu ekonomi yang memberi gambaran mengenai ekonomi pada keadaan sebenarnya. 

  • Teori ilmu ekonomi 

Teori ilmu ekonomi atau teori ekonomi merupakan sebuah teori yang didasarkan pada suatu kondisi masyarakat sebenarnya dan telah disederhanakan. Terutama bagian sifat yang berkaitan dengan ekonomi. Penyederhanaan ini dikenal dengan istilah lain yaitu asumsi. 

  • Teori ekonomi aplikasi 

Teori ekonomi aplikasi merupakan salah satu teori ekonomi yang menjelaskan tujuan dari analisis serta menelaah perihal yang mesti dilakukan tentang satu kejadian dari segi perekonomian.  Bagi seorang ekonom, pengelompokan ilmu ekonomi ini sudahlah tentu menjadi hal penting untuk diketahui. Tidak hanya itu, jenis dari ekonomi itu sendiri mesti jadi bahan pertimbangan dalam melakukan berbagai upaya peningkatan ekonomi suatu daerah atau negara.

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button