DaerahPendidikan

HMH Selva ITB Jatinangor dan Forum Gugelis Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini

FAJARNUSANTARA.COM, – Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HMH) Zelpa ITB Jatinangor Gandeng Forum Komunikasi Gunung Geulis Gelar kegiatan Sekolah Menanam (Senam 6.0) dengan tema “Sehat bersama hutan” Bersama anak anak sekolah TK IT Al – Jabar di Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sabtu 1 Oktober 2022.

Kagiatan Sekolah menanam ini didukung penuh SPTH, Dishut, Perhutani dan BPDAS Citarum Harum.

Sementara menurut Ronald Ketua Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HMH) Selva ITB mengatakan, kegiatan kami bersama TKIT Al Jabar yakni sarana edukasi buat anak anak TK khususnya, supaya mereka mengenali lingkungan dan senantiasa kedepanya bisa menjaga lingkungan, kita juga membantu mereka mengajarkan cara menanam.

“Hari ini kita kerja sama dengan Forum Komunikasi Gunung Geulis dengan nama program Senam (Sekolah Menanam) menggunakan sarana dan prasarananya, guna menyampaikan edukasi terhadap anak-anak,” ujarnya.

Ronald Menuturkan, kegiatan ini kami laksanakan dalam setahun satu kali, terjun langsung kelapangan berbaur dengan masyarakat, menyampaikan edukasi tentang menanam pohon dan apa pentingnya kebersihan bagi kita semu, karena itu adalah kunci keberhasilan.

“Kenapa hari ini kita memberikan edukasi terhadap anak anak TK, karena jika kita memberikan pembelajaran sejak dini, maka itu akan tertanam langsung di kepala anak tersebut sampai kapanpun, tapi kedepanya juga kita akan menyentuh anak SD, SMP dan SMK, guna melaksanakan kegiatan edukasi seperti ini,” tandas Ronal Saat diwawancarai awak media.

Sementara itu menurut Ketua Forum Komunikasi Gunung Geulis Saefudin mengatakan, dengan ada nya kegiatan seperti saya berharap merubah mindset pola pikir anak sejak dini betapa pentingnya kita melestarikan hutan.

” Kita sangat prihatin dengan kondisi kehutanan kita, banyak yang memanfaatkan hasil hutan tanpa memelihara dan melestarikannya, jadi dengan adanya kegiatan ini bisa merubah pola pikir sejak dini para generasi penerus, untuk lebih mencintai alam sekitar,”  Ujarnya.

Dikatakan Saefudin, selama ini kifrah kami hanya punya inisiatif, dan sangat membutuhkan dukungan dalam perjalanan guna memelihara Huta sekitar kita, dan Alhamdulillah ada mahasiswa HMH Selva ITB yang peduli terhadap generasi penerus yang mengenalkan anak anak TK Al Jabar terhadap lingkungan.

“Dengan harapan dukungan penuh dari semua stakeholder supaya kita bisa melestarikan hutan kita, jangan biarkan anak cucu kita menangis karena bencana tapi buat lah sumber mata air dengan menanam Pohon,” pungkasnya.

Selengkapnya

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Saat ini aktif di organisasi profesi wartawan Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas). Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button