BisnisDaerahEkonomiPemerintahan

Harapan Baru Petani Ujungjaya, Bendung Cariang Akan Segera Pulih

FAJARNUSANTARA.COM- Bendung Cariang yang berfungsi untuk membendung aliran Sungai Cipelang dan mengairi 1.063 hektare pesawahan di enam desa Kecamatan Ujungjaya, akan segera difungsikan kembali setelah mengalami jebol pada 8 Februari 2021.

Selama ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah beberapa kali melakukan penanganan sementara sebelum pembangunan permanen yang dijadwalkan oleh Kementerian PUPR pada 2025 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Yudia Ramli, saat memonitor lokasi bendung pada Minggu (2/6/2024), menyampaikan bahwa saat ini Pemda Sumedang dibantu Pemprov Jabar sedang melakukan pembuatan tanggul dan pemasangan geobag di aliran Sungai Cipelang.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Gelar Apel Siaga dan Lomba Yantek Jelang Idul Adha

“Pertama kita akan melakukan penanganan sementara sehingga air bisa mengalir terlebih dahulu. Kita akan pasang geobag kemudian membuat sodetan di aliran Sungai Cipelang supaya air intake-nya bisa masuk bendungan ini. Sehingga sawah-sawah bisa terairi kembali,” tutur Yudia.

Menurutnya, meskipun penanganannya bersifat sementara, upaya tersebut diharapkan bisa bertahan lama. “Kita doakan bisa bertahan lama. Sekarang pun DED-nya sedang dibuatkan oleh BSDA Provinsi Jawa Barat, baik untuk sementara maupun untuk membangun kembali bendung sehingga bisa bertahan lama,” katanya.

Baca Juga :  Duta Parawisata Jabar Nabila Maydini dan Muhammad Rizki Menyemarakan Kirab Budaya Sumedang

Yudia mengkhawatirkan dampak besar bagi para petani jika Bendung Cariang tidak segera difungsikan kembali. “Kerugian ditaksir sekitar Rp. 130 miliar lebih per tahun, per tiga kali masa tanam. Jadi sangat berdampak besar. Oleh karena itu, ini menjadi prioritas utama untuk membangunnya,” ucapnya.

Untuk itu, Yudia meminta dukungan dari masyarakat agar penanganan sementara Bendung Cariang bisa segera selesai. “Kita masih ada peluang yang diupayakan terus. Tahun depan bisa dibangun. Mohon doanya. Mudah-mudahan bisa segera dibangun kembali,” ujarnya.

Baca Juga :  Prama Prameswara Terima Penghargaan TTG untuk Mulyasari

Sementara itu, Camat Ujungjaya, Risyana, mengungkapkan bahwa Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli telah tiga kali mendatangi Bendung Cariang. “Hari ini merupakan ketiga kalinya Pj Bupati datang ke Ujungjaya dan ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah terhadap masalah kekeringan lahan pertanian di Ujungjaya,” ujarnya.

Bendung Cariang yang segera difungsikan kembali ini membawa harapan baru bagi para petani di wilayah Ujungjaya dan sekitarnya, yang telah lama menantikan aliran air untuk irigasi lahan pertanian mereka.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button