Kesehatan

BKKBN Jabar Dorong Perhatian Lebih Kesehatan Remaja Melalui PIK R

FAJARNUSANTARA, DEPOK – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengadakan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting bersama mitra kerja, yakni Anggota DPR RI Komisi IX, Wenny Haryanto. Acara berlangsung pada Senin (15/1/2024) di Depok Town Center, Kota Depok, Jawa Barat.

Penata Kependudukan dan KB Ahli Muda BKKBN Jabar, Della Aryati, menyampaikan informasi mengenai data kependudukan di Jawa Barat. Della menyampaikan dari 49.3 juta penduduk Jawa Barat, 27% atau 13 juta jiwa diantara nya merupakan Remaja.

Lebih lanjut, Della menyampaikan, BKKBN Jabar telah melakukan intervensi dalam mencegah stunting dengan memperhatikan kesehatan remaja melalui pusat Informasi dan konseling Remaja (PIK-R).

“PIK-R merupakan suatu wadah kegiatan program generasi berencana yang dikelola dari oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya,”ujar Della Aryati.

Adapun dalam kesempatan terpisah, Anggota Komisi IX DPR RI, Wenny Haryanto, menyinggung soal bonus demografi dan mengingatkan perihal pentingnya pencegahan stunting sejak dini dengan pembinaan dan memperhatikan kesehatan sejak menjadi calon pengantin.

Wenny Haryanto pun menekankan pentingnya memperhatikan pola makan seorang sejak calon pengantin sampai, hamil, hingga melahirkan anak.

Kegiatan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting diselingi pemberian doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari Wenny Haryanto serta pemateri lainnya.

Rifki Mutaali

Rifki Muhamad Mutaali adalah wartawan muda di Sumedang, sudah aktif di dunia pers dan literasi sejak bangku sekolah dan perkuliahan dengan mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik, pelatihan jurnalistik, hingga sempat menjadi bagian dari Lembaga Pers Mahasiswa di salah satu Universitas Negeri di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button