MancanegaraOlahraga

7 Fakta Piala Dunia 2022, Ingin Alkohol di Stadion Bayar 372 Juta!

FAJARNUSANTARA.COM, – Piala Dunia 2022 Qatar akan melakukan pembukaan pada Minggu malam (19/11/2022) pukul 21.00 WIB. Sebelum menyaksikan serunya pertandingan Piala Dunia 2022, maka inilah Top 7 fakta Piala Dunia 2022 Qatar yang wajib diketahui.

1. Piala Dunia Pertama di Musim Dingin

Piala Dunia Sepakbola umunya diadakan pada musim panas pada medio Juli, Juni atau Agustus. Namun untuk Piala Dunia di Qatar, FIFA sengaja menggeser waktu penyelenggaran menjadi musim dingin (Nopember-Desember 2022). Suhu Qatar pada musim panas yang dapat mencapai 50 derajat celcius menjadi alasan FIFA merubah jadwal Piala Dunia menjadi musim dingin.

2. Sistem Pendingin di Stadion

Meskipun saat ini Piala Dunia 2022 dilaksanakan pada musim dingin, akantetapi suhu Qatar yang dirasa masih panas terutama oleh tim-tim yang berasal dari kawasan eropa membuat FIFA dan panitia Piala Dunia tetap menggunakan sistem pendingin di Stadion. Dari 8 Stadion Qatar yang akan menghelat pertandingan Piala Dunia, ada 7 stadion yang terpasang sistem pendingin terpasang tersebut. Sistem pendingin tersebut merupakan sebuah gagasan seorang ilmuan, Prof. Saud Abdul Aziz Abdul Ghani yang diklaim dapat membuat pertandingan akan terasa lebih nyaman dengan suhu kisaran 20-25 derajat celcius.

Alat Pendingin di salah satu stadion Piala Dunia Qatar (Foto: Daily Mail)

3. Larangan Penjualan Alkohol di Stadion

Bagi sebagian penggemar sepakbola di dunia, sepakbola dan alkohol merupakan hal yang tidak terpisah. Namun di Piala Dunia 2022 Qatar, FIFA dan Panitia Lokal di Qatar sepakat melarang penjualan Alkohol di Stadion. Namun alkohol masih dapat dinikmati di stadion dengan membeli paket makan dengan harga minimal 20.000 pounds atau Rp372 juta !

4. Piala Dunia Termahal

Dari 3 fakta awal yang disebutkan, sudah terlihat bahwa pagelaran Piala Dunia Qatar mahal. Hal yang lebih mencengangkan adalah fakta bahwa Pemerintah Qatar sudah menghabiskan 220 Miliar Dollar AS atau setara Rp.3334 Triliun. Sebagai perbandingan pada edisi Piala Dunia Sebelumnya di Rusia, dana yang dihabiskan untuk pesta sepakbola empat tahunan ini adalah 14,2 Miliar Dollar AS atau sekitar Rp.218 Triliun jika dikonversi ke nilai rupiah. Pengeluaran Qatar hampir 300 kali lipat dari pengeluaran Rusia.

5. Perdana ada Wasit Wanita di Piala Dunia

Hal yang berbeda dalam Piala Dunia 2022 adalah adanya kehadiran wasit dan asisten wasit wanita untuk memimpin dan membantu menjalankan pertanding. Tidak hanya satu wasit/asisten wanita yang terlibat, bahkan enam orang wanita ! Adapun perempuan yang terpilih tersebut terdiri dari 3 orang wasit utama, yakni Stephanie Frappart dari Amerika Serikat, Yoshimi Yamashita (Jepang), Salima Muksanga (Rwanda) serta tambahan 3 asisten wasit, yakni Karen Diaz Media (Meksiko), Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat), dan Neuza Back (Brasil).

6. Larangan Membawa Simbol LGBTQ+

Hukum di Qatar dengan jelas melarang segala bentuk tindakan berbau LGTBQ, bahkan bagi pihak yang ketahuan bisa mendapatkan hukuman penjara. Oleh karena itu, FIFA meluncurkan Ban Kapten Khusus anti diskriminasi untuk mengganti Ban Kapten Pelangi yang biasa dipakai oleh Para Kapten Tim Nasional terutama Negara-negara Eropa.

Kapten Tim Nasional Jerman, Manuel Neur saat menggunakan Ban Kapten Pelangi di salah satu pertandingan. (Foto: CNN)

7. Jungkook BTS Akan Tampil di Opening Ceremony

Fakta terakhir mungkin akan para Army Рsebutan fan BTS- kadung bahagia. Secara resmi, salah satu member BTS yakni Jungkook akan tampil dalam acara  pembukaan piala dunia. Jungkook menjadi salah satu pengisi soundtrack Piala Dunia 2022 berjudul Dreamer. **(KEY)

 

Selengkapnya

Rifki Mutaali

Rifki Muhamad Mutaali adalah wartawan muda di Sumedang, sudah aktif di dunia pers dan literasi sejak bangku sekolah dan perkuliahan dengan mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik, pelatihan jurnalistik, hingga sempat menjadi bagian dari Lembaga Pers Mahasiswa di salah satu Universitas Negeri di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button