BudayaEkonomiKesehatanWisata

Tugu Lingga Ratu Kujang Papasangan, Harapan Baru untuk Ekonomi dan Wisata Sumedang

FAJARNUSANTARA.COM- Peristiwa peresmian Tugu Lingga Ratu Monumen Kujang Papasangan di Desa Sirna Mulya, Sumedang, mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk tokoh budaya dan mahasiswa. Sabtu 23 Desember 2023.

Menurut Anggota DPD RI, peresmian ini adalah wujud kekuatan dan kesetiaan orang Sunda terhadap janji-janji mereka.

“Insur Medal Insun Madangan, kita lahir buat menerangi Sumedang. Sumedang harus memiliki empat karakter, antara lain Wani, Medangkeun Kamulyaan, Kukuh Kana Janji, silih Asah silih Asuh,” ujar Anggota DPD RI.

Kendati demikian, Proyek Kujang Papasangan juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, menjadi destinasi wisata menjanjikan, dan menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung.

Ketua IKA ELINGGA Geusan Ulun, Kang Jajang Nasseri, melihat peresmian sebagai pemulihan semangat Kasundaan dan Kasumedangan di Sumedang Utara.

“Sumedang sebagai puser budaya Sunda harus mengakar, dipahami, dan dirasakan oleh masyarakat Sumedang,” tambahnya.

Sirna Mulya, sebagai bagian dari Imperium Sumedang Larang, memiliki peran penting dalam sejarah. Mahasiswa Elingga Geusan Ulun turut hadir untuk memperkuat dan menyebarkan nilai-nilai Kasumedangan.

“Sunda adalah masa depan, Padjadjaran adalah masa depan, dan Sumedang Larang adalah masa depan yang harus kita kaji lebih dalam,” ungkapnya.***

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button