Kesehatan

Sutrisno: Asal Muasal PMK Harus Diketahui, Suplemen Lokal Ampuh Tangani PMK

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak cukup membuat para petani atau peternak di Kabupaten Sumedang ketakutan.

Anggota DPR RI Fraksi PDIP hadir di Sumedang bersama Menteri Peternakan RI, meninjau langsung hewan ternak yang terjangkit Virus PMK di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

“Sampai saat ini asal muasal wabah tersebut harus diketahui terlebih dahulu lalu, bagaimana penyebarannya secara ilmiah. Bukan hanya dalam kondisi darurat ini kita mencegah, namun, asal muasal wabah ini harus diketahui supaya proteksinya menyeluruh,” ucap Sutrisno di sela-sela kegiatannya.

Baca Juga :  Jangan Panik, PMK Tidak Bahaya dan Penyembuhannya Cepat

Upaya tersebut sangat penting untuk diketahui lantaran untuk mencegah wabah tersebut tidak datang kembali, jangan sampai jika wabah ini selesai karena tidak diketemukan asal muasalnya, wabah ini berkembang kembali.

“Hal ini yang sekarang kita sedang cari tahu, apakah ini bawaan dari luar atau bagaimana ini sedang kita cari tahu,” ungkap Sutrisno.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran PMK di Sumedang, DPRD Provinsi WA Bupati Agar Seleksi Kesehatan Hewan Qurban

Sutrisno menegaskan, peran pemerintah daerah sangat dibutuhlan untuk menanggulangi wabah PMK yang sedang terjadi.

“Peran pemerintah daerah sangat menentukan karena pemerintah pusat tidak serta merta bisa masuk begiti saja kalau tidak ada laporan dari pemerintah daerah,” kata Sutrisno.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sebut, Hewan Sehat Bersertifikat Aman Disembelih

Menurutnya, masih banyak kearifan lokal yang dapat dijadikan suplemen bagi hewan ternak dan dapat memperbaiki kondisi hewan ternak yang terjangkit PMK.

“Dua ekor sapi yang positif sekarang satu sudah sembuh dan tidak menggunakan suplemen dari pusat. Ini hanya menggunakan obat obatan tradisional saja, kita ini kaya akan rempah yang bisa mengobati baik manusia ataupun hewan,” pungkasnya. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button