Daerah

Spektakuler, Desa Cileles Luncurkan Aplikasi Cileles Smart, Bupati Sumedang Berikan Apresiasi

FAJARNUSANTARA.COM,- Momen bersejarah terjadi di Kabupaten Sumedang saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia dirayakan dengan penuh semangat. Acara tersebut juga menjadi panggung peluncuran resmi “Cileles Smart”, suatu gebrakan yang mengundang decak kagum.

Kehadiran Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir, serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, H. Ilmawan didampingi Forkopimcam Jatinangor menambah semarak suasana dengan sambutan hangat dari warga Cileles.

Dalam rangka memeriahkan peringatan kemerdekaan, Kepala Desa Cileles, Duduy Abdul Kholik, menggelar rangkaian kegiatan berkesan.

Kepala Desa Cileles Duduy Abdul Kholik menegaskan tekad untuk mengisi semangat pembangunan dan kemerdekaan dengan inovasi berharga, sejalan dengan semangat pahlawan.

Baca Juga :  Mahasiswa ITB Tanam Pohon dengan Teknologi 'Mubogsang' dan 'Potbabe di Gunung Geulis

‘Salah satu terobosan yang menjadi sorotan adalah “Cileles Smart”, sebuah gagasan brilian yang terinspirasi dari program “Sumedang Happy Digital Regional” yang diprakarsai oleh Bupati Sumedang,” ujarnya.

Kepala Desa Cileles menegaskan bahwa era teknologi akan dimanfaatkan secara maksimal untuk menyelesaikan berbagai tantangan di tengah masyarakat.

“Menuju “Sumedang Simpati 2023″, Kepala Desa Cileles menegaskan urgensi transparansi, akses informasi yang mudah, dan peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan,” tandasnya.

Melalui inovasi seperti “Cileles Smart”, diharapkan pelayanan publik dapat ditingkatkan dengan signifikan.

“Cileles Smart” atau yang dikenal dengan singkatan “Sigap Melayani Agamis Ramah dan Transparan”, merupakan terobosan digital yang menghadirkan dua aplikasi andal.

Baca Juga :  Forkopimcam Jatinangor dan Pemdes Cileles "NGABEDEGA" Serius Tekan Stunting

Duduy menyampaikan, Pertama adalah “Sibangenan” (Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan) yang memungkinkan warga mengajukan usulan pembangunan secara daring.

Kedua, “Sijamil” (Sistem Informasi Pendataan Remaja Ibu Hamil) dirancang untuk menurunkan angka stunting di Desa Cileles.

Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir, tak ketinggalan menyampaikan apresiasi mendalam atas usaha Kepala Desa Cileles dalam mendorong perkembangan dan pelayanan kepada masyarakat melalui platform “Cileles Smart”.

“Dalam hal ini, maka perlunya adaptasi terhadap perkembangan teknologi sebagai motor penggerak percepatan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Donny Ahmad Munir menuturkan, bahwa tidak hanya Desa Cileles, Pemerintah Kabupaten Sumedang pun telah mengaplikasikan terobosan serupa melalui program “Sinurmi”.

Baca Juga :  Mahasiswa ITB Tanam Pohon dengan Teknologi 'Mubogsang' dan 'Potbabe di Gunung Geulis

“Klimaks acara dihiasi dengan ucapan terima kasih yang tulus kepada seluruh masyarakat yang mendukung program “Sumedang Simpati”.katanya.

Dikatakan Bupati Sumedang bahwa, Prestasi gemilang pun diraih oleh Kabupaten Sumedang, dengan meraih 124 penghargaan bergengsi.

Di antaranya, sebagai juara nasional dalam kategori sistem pemerintahan berbasis elektronik, serta peringkat kedua nasional untuk kinerja Pemerintah Daerah terbaik di Indonesia.

“Semua capaian ini menegaskan komitmen nyata Kabupaten Sumedang dalam memajukan inovasi dan teknologi demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi warganya,” tandasnya.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button