Sosial

Resmikan Lembur Tohaga Lodaya, Kapolsek Cisitu Tebar 800 Ribu Benih Ikan

FAJARNUSANTARA.COM — KAPOLSEK Cisitu Iptu Awang Munggardijaya, S.H, meresmikan Peluncuran/Launching Lembur Tohaga Lodaya Desa Situmekar, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

Peresmian tersebut diwarnai aksi tebar benih ikan patin dan nila sebanyak 2 juta ekor yang ditebar secara bertahap, di Perairan Waduk Jatigede Blok Objek Wisata Cibeet, Sabtu (28/8/2020).

Program Lembur Tohaga Lodaya merupakan program kolaborasi antara Polres Sumedang bersama Pemkab Sumedang dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini.

MASYARAKAT dari berbagai kalangan bergotong-royong memindahkan benih ikan, Sabtu. FN

Pantauan fajarnusantara.com di lapangan, masyarakat bergotong-royong memindahkan satu-persatu kantong berisi benih ikan dari area wisata Cibeet menuju tepi Waduk Jatigede. Hal tersebut dilakukan dengan tetao memperhatikan protokol kesehatan di mana sebelumnya masyarakat mencuci tangannya masing-masing guna mencegah berbagai penularan penyakit satu sama lain.

KAPAL Polairud Sumedang diterjunkan untuk penebaran benih ikan

Kemudian, Kapolsek Awang bersama unsur Forkopimka setempat menebarkan benih ikan di Perairan Waduk Jatigede dengan menggunakan kapal milik Polairud Sumedang.

Baca Juga :  Dandim 0610/Sumedang Gelar Latihan Intel Teritorial dan Tempur Terintegrasi Tahun 2022 di Jatigede

“Alhamdulillah kegiatan Launching Lembur Tohaga Lodaya ini berjalan lancar. Kegiatan ini memprioritaskan ketahanan pangan  di sekitar Waduk Jatigede, seperti penebaran benih ikan ini,” ujarnya.

Selain itu, Awang mengatakan, pihaknya juga mendukung berbagai program-program desa dalam mengembangkan kawasan wisata Cibeet tersebut dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah tersebut, sehingga nantinya dapat menjadi sumber penopang maupun pendukung kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

PEMBANGKIT listrik tenaga angin buatan Desa Situmekar

Mulai dari inovasi pengembangan pembangkit listrik tenaga angin yang digagas Kepala Desa Situmekar Andi Rusnandi. Kemudian di bidang peternakan dan perkebunan jagung hibrida.

“Kami juga mendukung program pemerintah setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPRD Sumedang Dapil Setempat (dapil IV) Ono Suherman, Camat Cisitu Ari Kusnadi, Koramil setempat, Kepala Desa Situmekar Andi Rusnandi, para tamu undangan lainnya dan sejumlah anggota komunitas offroad di Sumedang.

Baca Juga :  Kupclang Wakili Sumedang pada Lomba TTG Nasional
ANGGOTA Dewan Dapil IV Ono Suherman (dua kiri) menghadiri Launching Lembur Tohaga Lodaya Desa Situmekar, Sabtu. FN

Anggota DPRD Dapil IV Ono Suherman mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Sumedang

Camat Ari mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Polres Sumedang atas terlaksananya program tersebut.

“Mewakili Ketua DPRD, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sumedang yang telah peduli kepada masyarakat Cisitu. Mudah-mudahan, baik saat ini penebaran benih ikan maupun ke depannya terkait pengembangan wisata ini lebih maju lagi,” ujarnya.

Ono menuturkan, pihaknya mendukung pengembangan kawasan wisata Cibeet, dengan mendorong pembenahan akses menuju objek wisata tersebut.

Ono berharapap, ke depan lokasi tersebut dapat menjadi salah satu sektor pengembangan ekonomi masyarakat yang turut memperkuat ketahanan pangan warga sekitar.

“Kemudian yang harus dipikirkan semua baik kami legislatif maupun eksekutif adalah tentang akses menuju daerah wisata ini,” katanya.

Baca Juga :  Kupclang Wakili Sumedang pada Lomba TTG Nasional

Masih di tempat yang sama, Camat Ari menuturkan, pihaknya mempunyai kewajiban untuk menyejahterakan warganya. Unyuk itu, kata Ari, pihaknya siap mendukung program ketahanan pangan tersebut dengan mendorongnya ke Pemkab Sumedang.

Dengan adanya program yang digagas Kapolres tersebut, Ari berharap masyarakat tetap produktif di tengah masa pandemi.

“Alahmdulillah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi, Cisitu menjdai pilot project. Diharapkan masyarakat tidak berdiam diri sehingga pertanian dan ekonomi tidak bergerak.”

“Kami mendorong dan memotivasi masyarakat, Insha Allah kami punya pimpinan yang bisa kami dorong dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kades Situmekar Andi Rusnandi menambahkan, pihaknya akan menerapkan sejumlah pengembangan di bidang peternakan dan pertanian.

“Bukan hanya wisata, di sini juga akan dikembangkan peternakan yang dikelola oleh warga yang digabungkan dalam kelompok-kelompok,” katanya. (adv)

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button