PemerintahanPendidikan

Rektor IPDN Serahkan 1.217 Praja Pratama Untuk Magang di Majalengka: Tingkatkan Pembangunan Desa

FAJARNUSANTARA.COM,– Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Dr. Dr. Hadi Prabowo, M.M., telah menyerahkan sebanyak 1.217 orang praja pratama Angkatan XXXIII IPDN kepada Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., untuk menjalani kegiatan magang I di Kabupaten Majalengka.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 21 hari, mulai dari tanggal 13 Juni hingga 3 Juli 2023. Para praja pratama, yang terdiri dari 736 orang laki-laki dan 481 orang perempuan, akan menjalani magang di 87 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Majalengka. Selasa 13 Juni 2023.

Kecamatan-kecamatan tersebut antara lain Majalengka, Panyingkiran, Kadipaten, Sukahaji, Jatiwangi, Dawuan, Palasah, Kertajati, Kasokandel, dan Cigasong.

Kegiatan magang ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh IPDN untuk memberikan kesempatan kepada para praja pratama agar dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan pekerjaan di instansi pemerintahan, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga instansi pusat.

Baca Juga :  Seminar Nasional IPDN Bahas Percepatan Pelayanan Pemerintahan Berbasis Elektronik

Magang I di Kabupaten Majalengka tahun ini mengusung tema “Melalui Magang I Kita Tingkatkan Kapabilitas Praja Pratama dalam Pemahaman Nilai Indeks Desa Membangun”.

Tema ini akan dijabarkan melalui penyusunan desain rencana kegiatan pembelajaran lapangan yang mencakup kompetensi prodi, seperti politik Indonesia terapan, studi kebijakan publik, pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat,

Selain itu, manajemen sumber daya manusia sektor publik, administrasi pemerintah daerah, keuangan publik, teknologi rekayasa informasi pemerintahan, manajemen keamanan dan keselamatan publik, praktik perpolisian tata pamong, serta studi kependudukan dan pencatatan sipil.

Selain magang I di Kabupaten Majalengka, IPDN juga melaksanakan magang II bagi 1.116 orang praja muda. Mereka akan menjalani magang di pemerintah daerah sekitar kampus IPDN di Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua. Sementara itu, magang III akan dilaksanakan oleh 1.098 orang praja madya di Kota Tasikmalaya.

Baca Juga :  Pemilihan di IPDN Partisipasi Tinggi Tingkatkan Kualitas Demokrasi , 97% Gunakan Hak Suara,

Rektor Hadi menyatakan bahwa kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk dari program merdeka belajar, kampus merdeka yang merupakan kebijakan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Beliau berharap agar para praja dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan langsung di lapangan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan.

Kegiatan magang ini disinergikan dengan beberapa program atau kegiatan pemerintah Kabupaten Majalengka yang saat ini sedang berlangsung, khususnya berkaitan dengan Indeks Desa Membangun (IDM).

Masih menurutnya, Kabupaten Majalengka dipilih menjadi lokasi magang I karena berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, prestasi capaian nilai Indeks Desa Membangun di Kabupaten Majalengka pada tahun 2022 menduduki peringkat 3 se-Jawa Barat.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Kagumi Prof. Sadu, Inspiratif dalam Pendidikan dan Pemerintahan

Pada 87 desa yang saat ini menjadi lokasi magang, terdapat 31 desa yang berkategori desa mandiri, 47 desa kategori maju dan 9 desa kategori berkembang.

“Kehadiran praja disini semoga dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan desa yang ada di Majalengka”, tuturnya.

Tak lupa Rektor pun mengingatkan seluruh praja yang mengikuti magang untuk tetap menunjukan jati diri sebagai praja IPDN yang memiliki harga diri, serta mampu dibanggakan oleh rakyat Indonesia.

Bupati majalengka menyambut antusias pelaksanaan magang ini, beliau mengatakan semoga praja betah dan dapat maksimal melaksanakan kegiatan magang ini dengan baik.

Sebelumnya, pada hari Jumat (09/06/2023) telah terlebih dahulu dilaksanakan pembekalan magang I di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, yang dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Majalengka, Drs. Toto Prihatno, S.Sos., MP mewakili Bupati Majalengka.****

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button