Daerah

Protes Jalan Rusak, Rahmat Juliadi: Ini Baru Menyindir, Dikhawatirkan Besok Lusa Masyarakat Marah

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Warga Dusun Cileutik Desa Raharja dan warga Dusun Cileutik Desa Gunungmanik
memprotes jalan rusak dengan menanam pohon pisang dan menebar Ikan mas di jalan.

Salah seorang warga Gungun mengatakan, bahwa hampir sepanjang 4 KM, jalan yang kerap dilalui warga mengalami rusak parah, sehingga ketika hujan tiba jalan menjadi ledok dan licin.

“Alhamdulillah meski jalan rusak, tidak banyak yang menjadi korban kecelakaan akibat kondisi jalan, hanya tercatat baru 4 dan 5 orang yang jatuh dan lukanya pun tidak terlalu serius,” ucap Gungun, Rabu (06/04).

Ia menyebutkan, bahwa permohonan perbaikan jalan tersebut sudah dilakukan kepada Pemerintahan Desa Gunungmanik dan Desa Raharja. Namun tidak mendapatkan respon yang baik.

“Kami bingung harus mengadu kesiapa lagi, karena kondisi jalan berada di perbatasan antara Desa Raharja dan Gunungmanik, sehingga penanganannya ‘silih tuding’ alhasil dibiarkan rusak yang cukup lama,” tambahnya.

Baca Juga :  Netizen Ungkap Kekesalan Jalan Rusak di Sumedang

Anggota DPRD Sumedang Rahmat Juliadi mengatakan, pihaknya pernah menyampaikan persoalan tersebut ke Pemda Sumedang melalui dinas PUPR namun responya sangat mengecewakan.

“Saya pernah berkomunikasi lewat seluler bersama sekdisnya PUPR dulu, dan pernah bilang akan mengalokasikan anggaran untuk jalan Cileutik, Terus terang saya kecewa terhadap Dinas PUPR yang lamban mensikapi kerusakan jalan yang sudah lama, sebenarnya ini harus secepatnya disikapi baik itu mau jalan desa ataupun jalan kabupaten,” ucapnya.

Menurutnya, jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang saat ini tinggal dua tahun lagi, jika visi misi Sumedang Simpati ingin betul-betul terwujud kuncinya yakni memperbaiki infrastruktur.

Karena, menurut Politisi Partai PKS itu, salah satu indikator untuk kemajuan perekonomian daerah, yakni bagaimana masyarakat bisa Sejahtera dan Ekonomi meningkat apabila Insfratrukturnya jelek.

Baca Juga :  Beruntung Lahir di Sumedang, Karena Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Empat Dokumen Kependudukan

“Sekarang untuk apa penghargaan yang sangat banyak didapat Pemda Sumedang jika tidak terimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat dan salah satunya yakni infrastruktur. Ok, saya tidak menampikan prestasi-prestasi Pemda Sumedang, bagus, saya salut, Pemda Sumedang dikategorikan istilahnya dari sisi administrasi pemerintahan ini luar biasa inovasinya banyak, bahkan kemarin Sumedang dinobatkan menjadi kabupaten terbaik tingkat Jabar,” katanya.

Tapi katanya, ucap dia, tolonglah prestasi-prestasi itu harus berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat dan salah satunya peningkatan infrastruktur, betul jika sekarang sudah ada infrastruktur yang sudah diperbaiki, dan hasilnya sudah ada dan bagus, tapi tolong yang sudah parah lebih di prioritaskan.

Oleh sebab itu, lanjut ia, seharusnya Pemda Sumedang sensitif terhadap hal-hal seperti ini, jangan sampai menunggu hal ini terjadi, bahkan media sudah mulai mempublikasikan, pihaknya yakin setelah ini baru ada perhatian, besok lusa dengan dimulainya ada orang PU yang meninjau.

Baca Juga :  Bersumber Anggaran Provinsi Jalan Cileutik Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Itu tidak bagus setiap ada masalah harus Viral dulu, padahal untuk perbaikan jalan Cileutik sudah disampaikan baik ditingkat desa maupun kecamatan saat musrenbang bahkan oleh saya pribadi ke Dinas PU. Jadi saya secara pribadi kepada Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir untuk segera menindak lanjuti aspirasi masyarakat ini, apalagi wakil Bupati Sumedang orang sini, apalagi jalan itu tidak jauh dari domisili Wabup Sumedang,” katanya.

Oleh karena itu, seharusnya ini menjadi perhatian jangan sampai memancing masyarakat semakin marah, ini baru menyindir dikhawatirkan besok lusa masyarakat marah.

“Ini Bupati Sumedang selama dua tahun lagi menjabat, jadi buktikan untuk menanggapi hal-hal yang krusial seperti ini,” tutupnya. (ESH).

Selengkapnya
Back to top button