DaerahPemerintahan

PJ Bupati Sumedang Keliling Rancakalong, Pastikan Program Pemerintah Berjalan Dengan Baik

FAJARNUSANTARA.COM- PJ Bupati Sumedang Drs.H.Yudia Ramli.Msi beserta jajaran SKPD melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Rancakalong pada hari ini, Kamis (16/5/2024). Dalam kunjungannya, Pj Bupati langsung meninjau destinasi wisata Geoteather yang ada di Rancakalong. Jumat 17 Mei 2024.

Selain itu PJ Bupati Sumedang bertemu langsung dengan Petani Cabai, dan bertemu langsung dengan pengurus Bumdesma Rusa Emas sekaligus ke lokasi pengelolaan Kopi Buhun dilanjutkan ke Desa Nagarawangi memastikan pelayanan KTP digital berjalan dengan baik dan gratis.

PJ Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan bahwa wisata di Kecamatan Rancakalong destinasinya sangat luar biasa, begitu juga pelaksanaan program pemerintah yang telah berjalan di Rancakalong, termasuk program Startbuck.

Baca Juga :  Peningkatan PAD Sumedang, Yudia Ramli Serukan Kerjasama Camat dan Kades

“Program Starbak perlu diketahui bahwa, tidak hanya difokuskan pada komoditas jagung, tetapi juga mencakup penanaman cabai dan domba,” ujar PJ Bupati saat berdialog langsung dengan petani setempat yang menyatakan bahwa menanam cabai cukup menguntungkan.

Yudia Ramli menuturkan bahwa program STARBAK ini mendukung ketahanan pangan, memberantas kemiskinan, dan termasuk pengelolaan kopi.

“Di Sumedang, komoditas kopi sangat baik, dan di Rancakalong ada kopi Buhun yang memiliki tujuh varian rasa. Pendampingan dilakukan mulai dari tingkat kecamatan hingga pusat,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Pertunjukan Teatrikal Ungkap Sejarah Langka Ibu Ratu Nyimas Cukang Gedeng Waru

Kendatipun demikian, dengan adanya program STARBAK, pemerintah berusaha menghubungkan petani dengan para pengusaha agar tidak kesulitan menjual hasil panen. Bupati juga menekankan pentingnya perhatian terhadap pupuk dan bibit agar proses dari hulu ke hilir berjalan lancar.

Selain itu, Bupati juga mengunjungi warga yang dianggap miskin ekstrem. Menurutnya, penanganan terhadap mereka harus dilakukan secara ekstrem, termasuk bedah rumah dan pengurangan biaya hidup untuk memastikan mereka mendapatkan asupan protein yang baik serta jaminan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Selanjutnya, Bupati mengunjungi Desa Nagarawangi untuk melihat pelayanan KTP Digital. Ia bertanya langsung kepada warga tentang pelayanan tersebut, dan mereka mengonfirmasi bahwa layanan tersebut gratis.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Gencarkan Kolaborasi BUMD, BLUD, dan BMD untuk Peningkatan Ekonomi

“Pemerintah juga melayani para ibu hamil, ada sekitar 1.000 ibu hamil yang kami berikan smartphone dalam program Sinurmi untuk mengontrol kesehatan mereka. Kami ingin mengentaskan stunting sejak bayi dalam kandungan agar ketika lahir, bayi sudah dapat terkontrol dengan baik,” ungkap Bupati.

Sumedang telah diakui secara nasional sebagai daerah yang paling cepat menurunkan angka stunting. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memastikan program-program berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button