Ekonomi

Pemasaran UMKM Harus Diperluas Untuk Hadapi Resesi Ekonomi

FAJARNUSANTARA.COM, JAKARTA – Pemerintah, dari saat ini harus segera menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi resesi ekonomi. Mulai dari langkah-langkah strategis serta pembuatan kebijakannya.

Seperti dikatakan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno. Menurutnya, permasalahan resesi bukan tentang bagaimana dalam menghadapinya.

“Jadi resesinya bukan untuk dibesar-besarkan, tapi disiapkan langkah dan juga kebijakannya,” ujar Eddy dalam webinar, Rabu (4/11) seperti dikutip kompas.com.

Baca Juga :  Kadin Sumedang Ajak Investor Jelajahi Potensi Investasi Daerah, Investment Summit

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) itu, bisa dilakukan dengan memperkuat sektor UMKM . Apalagi saat ini, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian suatu bangsa.

“Bantu akses pasar UMKM lebih luas, baik itu di tingkat lokal maupun jika bisa sampai ke tingkat internasional,” ujarnya.

Baca Juga :  Sertifikasi 'Self Declare' Diberlakukan bagi Pedagang Sekolah di Sumedang

Dia mencontohkan, dukunganpemerintah untuk sektor UMKM ini, misalnya dengan cara menempatkan produk UMKM di jaringan ritel nasional maupun internasional. Karena semakin luas akses pasar, semakin kuat UMKM bertahan dimasa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Sertifikasi 'Self Declare' Diberlakukan bagi Pedagang Sekolah di Sumedang

“2021 nanti Covid-19 kemungkinan masih di sekitar kita. Harus diantisipasi dan disiapkan adalah What Next. Maka dari itu, kami dari PAN, meminta agar Paket Stimulus diteruskan untuk membantu masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi,” pintanya. (**)

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button