DaerahPolitik

Panwascam Sumedang Disumpah, Siap Kawal Pilkada 2024

FAJARNUSANTARA.COM– Sebanyak 78 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Sumedang resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2024.

Acara pelantikan berlangsung di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, pukul 20.55.wib,  pada Sabtu (25/5/2024).

Ketua Bawaslu Sumedang, Ade Andriana Sinulingga, mengungkapkan bahwa para anggota Panwascam ini telah melalui proses evaluasi kinerja dan seleksi ketat.

Baca Juga :  Konser J-Rocks, Sukses Meriahkan HJS ke-446 dan Kampanye Anti Rokok Ilegal

“Proses seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan, memastikan hanya yang terbaik yang terpilih,” jelas Ade.

Ade juga menyoroti evaluasi Pemilu sebelumnya yang menunjukkan masih adanya permasalahan koordinasi di tingkat Panwascam.

“Berdasarkan evaluasi tahapan Pemilu sebelumnya, masih banyak terjadi hal-hal yang seharusnya bisa dihindari. Kami berharap di Pemilukada 2024 ini, koordinasi berjalan lebih lancar,” ujarnya.

Dari 78 anggota yang dilantik, masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumedang diwakili oleh tiga komisioner.

Baca Juga :  Evaluasi MCP, Posisi Sumedang Turun, KPK Bertindak

Tugas utama mereka dalam waktu dekat adalah mengawasi verifikasi faktual, terutama mengingat adanya satu pasangan calon perseorangan untuk Bupati dan Wakil Bupati.

Ade berharap anggota Panwascam yang baru dapat cepat beradaptasi dan memiliki pemahaman yang sama dengan anggota yang sudah ada.

“Kami berharap Panwaslu yang baru bisa mengakselerasi kemampuannya, tidak terjebak dalam kegiatan pribadi atau golongan, dan tetap menjaga koordinasi dengan Bawaslu Sumedang,” tegasnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Tantang Disdik Optimalkan Layanan Pendidikan, Pastikan Insentif Guru PAUD Ditingkatkan

Setelah dilantik, para anggota Panwascam ini akan mengikuti bimbingan teknis hingga Minggu, 26 Mei 2024.

Selanjutnya, mereka akan melaksanakan proses tes wawancara bagi calon anggota PKD di setiap desa se-Kabupaten Sumedang.

“Proses rekrutmen PKD sudah dilakukan dan saat ini sedang menunggu pengumuman hasil seleksi administratif, dilanjutkan dengan tes wawancara dan tes bebas narkoba dari lembaga yang berwenang,” tutup Ade.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button