Daerah

Panen dalam Lima Bulan, Petani Ubi Cilembu Miliki Metode Tanam Baru

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG – Para petani Ubi Cilembu di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, saat ini sudah memiliki proses baru mengenai cara menanam Ubi Cilembu. Yaitu menggunakan polybag dengan perawatan yang lebih mudah daripada menanam langsung di tanah dan hasilnya pun lebih banyak.

Hal ini dilakukan, berkat adanya bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan BNI kepada petani ubi Cilembu. Seperti dikatakan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, SE, melakukan Kunjungan Lapangan ke Perkebunan Ubi Cilembu, Rabu (9/6/2021).

“Alhamdulillah, berkat bantuan KUR yang disalurkan oleh BNI, sekarang sudah bisa dipanen tepat lima bulan dengan metode baru,” tuturnya.

Erwan juga menyebutkan, bahwa sektor pertanian di Desa Cilembu, terdapat produk pertanian yang menjadi unggulan bagi Kabupaten Sumedang, yaitu ubi Cilembu. Ubi Cilembu ini, telah terkenal bukan hanya di wilayah lokal Sumedang saja, namun sudah mencapai luar Sumedang bahkan sampai luar negeri.

“Ubi-ubi yang telah dipanen tersebut akan langsung di ekspor ke Singapur dan negara tetangga lainnya. Saya berharap UMKM di Kabupaten Sumedang bisa tumbuh berkembang walaupun di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah akan terus mendorong, salah satunya dengan memfasilitasi pemasaran dan bekerja sama dengan bank pemberi bantuan untuk para petani,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button