Kesehatan

Kodim Sumedang Gencar Laksanakan Vaksinasi Massal. Kali Ini Dilaksanakan di PT Kahatex

FAJARNUSANTARA. COM, SUMEDANG
Upaya mempercepat akselerasi Vaksin Covid 19 membentuk herd imunity. Kodim 0610/Sumedang terus menggelar vaksinasi massal di sejumlah daerah di Kabupaten Sumedang. Kali ini, Senin (7/3) Kodim menyelenggarakan vaksinasi booster dan dosis ke 2 di PT Kahatex Cimanggung Jalan Raya Rancaekek Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Dandim 0610/Sumedang Letkol INF Zaenal Mustofa SE mengatakan sampai saat ini, di Kabupaten Sumedang untuk vaksin dosis 1 sudah mencapai 87 persen, kemudian dosis ke 2 sudah menempati angka 76 persen. Kemudian dosis 3 atau vaksin booster karena baru diselenggarakan baru mencapai 8 persen.

Baca Juga :  Target 2500 Dosis, PT. Polyfin Canggih Gelar Vaksinasi Booster

“Tentunya akan terus dilaksanakan oleh seluruh stakeholder termasuk Kodim untuk mencapai hasil akselerasi percepatan vaksin sehingga diharapkan target vaksinasi mencapai 90% dari total jumlah warga Sumedang,” ucapnya.

Dandim menyebutkan, jika herd imunity sudah terbentuk, maka kekebalan tubuh juga akan meningkat dan terbebas dari wabah pandemi ini. Jika masyarakat sehat ekonomi akan tumbuh.

“Saat ini, kami memiliki stok vaksin booster sejumlah 11 ribu yang sudah disebar di beberapa tempat termasuk di PT Kahatex ini dengan jumlah 1000 vial, bahkan, untuk membujuk masyarakat divaksin kami menyediakan minyak goreng gratis yang telah digelar di Mako Koramil Tanjungsari,” katanya.

Baca Juga :  Gebyar Vaksinasi Booster Covid-19 oleh IPDN Kemendagri di Jawa Tengah Tembus 20.000 Dosis

Menurutnya, Vaksin sudah ada, Tenaga Nakes sudah ada, kendalanya adalah masyarakat yang mau divaksin di tengah-tengah kesibukan mereka bekerja. Tugas TNI bagaimana memastikan masyarakat agar mau divaksin.

“Mungkin kalau di perusahaan lebih mudah tinggal diarahkan, kalau masyarakat umum kan susah menyadarkannya,” ujarnya.

Selain di PT Kahatex untuk mempercepat vaksinasi Kodim Sumedang juga menggelar vaksin secara mobile dan jemput bola. Bahkan tempatnya disesuaikan tergantung permintaan tiap tiap daerah.

Baca Juga :  Target Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Sumedang Tinggal Dua Persen Lagi

Sementara itu Ketua Satgas Covid 19 PT Kahatex Tamami didampingi Rudi Limawan mengatakan, saat ini karyawan Kahatex yang sudah divaksin booster berjumlah 75 persen dari 30 ribu karyawan. Jumlah tersebut sangat besar karena selain divaksin di dalam kawasan pabrik juga di luar pabrik diantaranya di puskesmas puskesmas terdekat dengan rumah karyawan masing masing.

“Untuk vaksin 1 dan 2 kita sudah selesai, tinggal yang dosis ke 3, ya bertahap kita kerja sama dengan seluruh stake holder yang ada di Sumedang maupun di Provinsi Jabar dan nasional,” tandasnya. (ESH).

Selengkapnya
Back to top button