DaerahKesehatan

Kader SBH Diajak Gelorakan Germas di Sekolah Masing-masing

FAJARNUSANTARA, SUMEDANG – Kader Saka Bakti Husada (SBH) di Kecamatan Jatinangor, Tanjungsari dan Cimanggung, dikukuhkan untuk nantinya dapat menjalankan program gerakan masyarkat hidup sehat (Germas). Kegiatan itu, digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dengan menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sumedang, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kamis (17/9).

Dalam kegiatan penguatan kelompok masyarakat pangkalan/gugus depan itu, nantinya para kader SBH yang merupakan para pelajar, akan mengeduksikan Germas di setiap sekolah masing-masing. Sehingga nantinya dapat menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular.

Baca Juga :  Wabup Erwan Terkesima Melihat Buper Sarimekar, Layak Jadi Destinasi Wisata

“Meskipun sekarang ada covid-19, merupakan penyakit menunar, kita tetap gelorakan program Germas melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Nia Sukaeni, Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Sumedang.

Disebutkan Nia, program Germas ini sudah dipromosikan Dinkes Sumedang pada tahun 2017 dan 2018 lalu. Namun karena jangkauannya belum terlalu luas untuk SBH, tahun 2020 ini dilakukan pembekalan untuk kades SBH di Jatinangor meliputi Puskesmas Sawahdadap, Tanjungsari, Jatinangor dan Cimanggung.

Baca Juga :  Kwarran Cimalaka Undang KPU Edukasi Pemilu Serentak 2024, di Karang Pamitran

“2017 dan 2018 kami sudah sosialisasi ke SBH maupun Kwarcab Kabupaten Sumedang. Tetap kami juga melakukan kegiatan ini bekerjasama dengan kekuatan Pramuka Cabang Kabupaten Sumedang. Jadi kami tidak bekerja sendiri, karena tetap kayak kita ada kesaling keterkaitan terkait program gerakan masyarakat hidup sehat ini tetap harus dipromosikan di seluruh elemen, termasuk organisasi masyarakat termasuk Saka Bakti Husada,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumedang, Erwan Setiawan menyambut baik program dan langkah Dinkes Sumedang. Dia berharap, dari acara yang diikuti sebanyak 80 peserta itu dapat lebih meningkatkan kewaspadaan juga terhadap pandemi covid-19. Termasuk dalam menyosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada masyarakat.

Baca Juga :  Pramuka MTs Bustanul Wildan Berprestasi, Borong Piala Jambore Ranting 2022

“Dengan adanya kegiatan ini, harus semakin baik dan lebih bisa dirasakan lagi keberadaannya oleh masyarakat. Dan ada program-program setelah penguhukan SBH ini selesai,” harapnya. **

Selengkapnya

Redaksi Fajar Nusantara

Fajar Nusantara merupakan media online yang terbit sejak tanggal 17 April 2020 di bawah naungan badan hukum PT. Cyber Media Utama (CMU). PT. CMU telah memiliki badan hukum resmi tercatat di Negara dan memiliki ijin berusaha sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.
Back to top button