MancanegaraPemerintahan

Kabupaten Sumedang Heboh di Smart City Expo Dunia 2023 di Barcelona

FAJARNUSANTARA.COM- Kabupaten Sumedang mewakili Indonesia dalam kehadiran yang mengesankan di ajang Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol. Langkah ini dilakukan atas mandat Kementerian Dalam Negeri RI melalui Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan (Ditjen Adwil).

Dalam acara yang merupakan pameran dan kongres smart city terbesar di dunia ini, Kabupaten Sumedang berperan sebagai duta Indonesia untuk menunjukkan inovasi dalam pembangunan kota cerdas berkelanjutan di panggung global. Selain itu, mereka juga berupaya membangun jaringan internasional.

“SCEWC tahun ini menjadi panggung bagi Kabupaten Sumedang untuk berbicara tentang kontribusi Indonesia dalam ranah kota cerdas global. Melalui event ini, kita ingin menonjolkan kemajuan dan inovasi yang telah kita capai,” ujar Safrizal ZA, Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI, di Grand Via Venue, Barcelona, pada Rabu (8/11).

Baca Juga :  BKKBN Meriahkan Pramuka Saka Wira Kartika, Berikan Pelayanan Gratis dan Bagikan Telur

Sebagai perwakilan nasional dan Shephard ASEAN Smart City Network (ASCN), Safrizal menyatakan bahwa berbagai daerah di Indonesia telah mengembangkan konsep smart city. Kementerian Dalam Negeri bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan agar upaya tersebut sesuai dengan standar dan kriteria yang berlaku.

“Tidak hanya mengikuti standar nasional, pengembangan kota cerdas harus tetap beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi global yang pesat,” tambahnya.

Baca Juga :  Pj. Bupati Sumedang Bakar Semangat Transformasi Digital di Palangkaraya

Herman Suryatman, Penjabat Bupati Sumedang, merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

“Ini adalah peluang istimewa untuk menunjukkan bahwa smart city di Indonesia setara dengan negara-negara maju. Forum ini juga penting dalam membangun kerjasama dengan para pemangku kepentingan global dalam bidang smart city,” katanya.

Herman menegaskan bahwa menjadi pemerintah kelas dunia adalah suatu keniscayaan.

“Dulu banyak yang meragukan kemampuan Sumedang, tapi sekarang Sumedang telah menjadi salah satu pemain dalam jaringan smart city global. Dunia semakin terbuka dan terhubung, kita tidak bisa lagi beroperasi secara terisolasi. Kita harus berkolaborasi dan menjadi bagian dari jaringan global,” ungkap Herman.

Baca Juga :  Kapolres Sumedang: Patroli Blue Light Ditingkatkan demi Keamanan Masyarakat

Selain itu, Herman menekankan bahwa teknologi informasi dalam konsep smart city hanyalah alat untuk mencapai tujuan utama, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.

Smart City Expo World Congress 2023 berlangsung di Barcelona mulai tanggal 7 hingga 9 November 2023 dengan tema ‘We Are Shaping a New Urban Era’. Acara ini akan membahas topik-topik seperti ‘Tomorrow, Mobility World Congress; Tomorrow, Building World Congress; Tomorrow, Blue Economy World Congress.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button