NasionalPolitik

Ini Alasan Warga Satu Dusun di Kabupaten Kapuas Hulu Kompak Lakukan Golput

FAJARNUSANTARA.COM, KAPUAS HULU – Gara-gara belum dialiri listrik warga Dusun Geruguk Desa Kumang Jaya, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, melakukan aksi golput. Mereka kompak tidak mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 yang berada di wilayahnya  pada hari ini (9/12).

Akibat aksi itu, kotak suara dan perlengkapan lainnya yang ada di TPS 01 itu, langsung juga diamankan kepada Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Empanang wilayah Kapuas Hulu.

“Kami dari kecamatan sudah melakukan upaya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat. Warga tetap memilih golput,” kata Camat Empanang Donatus Dudang, seperti dikutip dari Antaranews.com, Rabu (9/12).

Meski begitu, lanjut camat, ada ada sebagian warga yang ingin memberikan hak pilihnya. Namun sejumlah warga melarang untuk menggunakan hak pilih. Akibatnya, 87 warga yang terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu, tidak memberikan hak suaranya.

Keterangan yang didapat camat, warga melakukan aksi itu karena Dusun Geruguk belum teraliri listrik. Padahal dua dusun lainya di Desa Kumang Jaya, sudah ada listrik.

“Dari semua persiapan sudah dilakukan petugas TPS, sesuai waktu yang ditentukan. Tetapi tetap tidak menggunakan hak pilihnya,” jelas Dudang.

Sementara terkait adanya satu TPS di Dusun Geruguk yang tidak menggunakan hak pilih, pihak KPU Kapuas Hulu belum bisa dimintai keterangan. (**)

Selengkapnya
Back to top button