DaerahPemerintahan

Desa Pangadegan Rancakalong Wakili Sumedang dalam Lomba Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Jawa Barat

FAJARNUSANTARA.COM,- Desa Pangadegan Rancakalong mewakili Kabupaten Sumedang dalam Lomba Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Jawa Barat. Rabu 22 Maret 2023.

Kampung KB Sari Kusumah, yang berada di Desa Pangadegan, berhasil melaju ke tahap penilaian enam besar setelah melewati serangkaian tahapan administrasi dan pengecekan.

Tim Rechecking Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan lapangan di 11 Kabupaten Kota dan menilai Kampung KB Sari Kusumah sebagai kampung KB terakhir.

Ketua Tim Rechecking Provinsi Jawa Barat, Wiwin Winarni, mengungkapkan bahwa para juri mencari sesuatu yang berbeda dari kampung KB yang dinilai.

“Mereka ingin melihat pengaruh program Kampung KB, yang dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan, tahapan seleksi yang cukup panjang tersebut memerlukan verifikasi profil dan website Kampung KB Online, serta wawancara melalui berbagai pertanyaan dengan alokasi waktu 30 menit.

“Tim juri menilai bahwa Kampung KB Sari Kusumah telah memenuhi standar minimal, dan memperlihatkan inovasi yang baik,” paparnya.

kendati demikian, Apresiasi Kampung KB adalah salah satu pendekatan pembinaan yang melibatkan kota dan kabupaten.

Setelah terpilih, juara satu kabupaten dan juara pertama kota akan dilihat lagi mana yang bisa memperlihatkan hasil terbaik dari pemenuhan standar minimal, indikator program, inovasi, dan evidennya yang terdapat di lapangan.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, berharap kegiatan tersebut mampu mengimplementasikan revolusi mental yang berbasis keluarga dan sesuai dengan kearifan lokal.

Menjadi juara bukanlah tujuan utama, tetapi menjadi bukti keseriusan pemkab Sumedang dalam mengelola Kampung KB agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Kampung KB Sari Kusumah berusaha menjadi yang terbaik di Jawa Barat dan mampu mewujudkan impian tersebut melalui keikutsertaannya dalam Lomba Apresiasi Kampung KB Tingkat Provinsi Jawa Barat.(Maul)***

 

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button