Pemerintahan

BPBD Sumedang Ingatkan Warga Waspadai Dampak Fenomena La Nina

Kabupaten Sumedang merupakan daerah di Jawa Barat yang karena faktor  geografisnya menyimpan potensi bencana alam yang cukup tinggi, apalagi ditambah dengan faktor alam seperti fenomena La Nina. Bahkan, akibat hujan dengan intensitas yang tinggi pada Rabu (4/5), tercatat ada 8 kejadian banjir dan longsor di beberapa wilayah Sumedang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno menyebutkan, curah hujan yang tinggi adalah salah satu dampak dari fenomena La Nina yang melanda dunia.

Baca Juga :  Lewat Kesaksian Keluarga dan Hasil Otopsi, Jasad Aira yang Berubah Akhirnya Bisa Dikenali

“BMKG menyatakan bahwa Fenomena La Nina mengakibatkan curah hujan naik 30% di awal musim ini dibanding awal musim hujan tahun lalu. Sedangkan puncaknya terjadi Januari – Maret 2022 dimana kenaikannya sampai mencapai 70%,” kata Atang, Kamis (12/5).

Prakiraan BMKG tersebut, lanjutnya, dirasakan langsung di Sumedang pada tanggal 3 Mei 2022 dimana hujan dengan intensitas sangat tinggi mengguyur wilayah Sumedang pada pukul 17.00 WIB.

“Hujan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Baca Juga :  Terjebak Banjir Bandang Citengah, 18 Orang Wisatawan Berhasil Diselamatkan

Adapun wilayah yang mengalami banjir dan longsor tersebut diantaranya Dusun Peusar RT 04 RW 05 Desa Baginda Kecamatan Sumedang Selatan, Dusun Cieurih  RT 02 RW 05 Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, Dusun Cieurih  RT 02 RW 05 Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, lokasi wisata River Inn Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Dusun Ciawi RT 02 dan RT 04 RW 04 Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan, RT 01 RW 07 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Dusun Cikalong Landeuh RT 01 dan 02 RW 01 Desa Banyuasih Kecamatan Tanjungkerta, dan Dusun Babakan Regol RT 01, 02, 03 RW 01 Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.

Baca Juga :  Terjebak Banjir Bandang Citengah, 18 Orang Wisatawan Berhasil Diselamatkan

“Untuk itu, saya mengingatkan masyarakat Sumedang untuk selalu waspada terhadap dampak fenomena La Nina ini,” kata Kalak BPBD Sumedang.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button