BisnisBudayaDaerahEkonomiPemerintahan

100 UMKM Premium Jabar Siap Tembus Pasar Global di KKJ-PKJB 2024

FAJARNUSANTARA.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024. Acara ini bertujuan untuk memperluas akses pasar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Muhamad Nur, menyatakan bahwa pada gelaran keenam ini, pihaknya menargetkan transaksi produk UMKM mencapai Rp15 miliar. Target ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya yang hanya Rp2,7 miliar.

“Kami sudah menyiapkan strategi untuk mencapai target tersebut,” ujar Nur dalam Media Briefing di Kota Bandung, Rabu (19/6/2024).

Strategi tersebut melibatkan 100 UMKM premium yang memproduksi produk berdaya saing tinggi dan siap dipasarkan.

Baca Juga :  Tenaga Ahli Mensos RI Bidang Komunikasi Hadir di Sabusu, Dorong Mahasiswa Fisip UNPAD Aktif Menyuarakan Gagasan di Media Massa

“UMKM premium adalah UMKM yang ada di Jabar yang telah dibina oleh Bank Indonesia, Pemprov Jabar, dan mitra Bank Indonesia. Produk mereka siap bersaing dengan produk dari daerah dan negara lain. Jadi premium itu bukan masalah harga, karena harga pasti terjangkau,” jelasnya.

Dalam acara ini, pengunjung dapat berbelanja langsung di lokasi atau melalui platform marketplace seperti Tokopedia. Lokasi acara di Trans Convention Center dan Atrium Trans Studio Mall dipilih karena merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Kota Bandung dengan jumlah pengunjung yang besar.

“Kami juga aktif menginisiasi business matching (BM), promosi perdagangan, maupun pembiayaan perbankan bagi UMKM yang turut serta dalam KKJ-PKJB 2024, khususnya pada Bank bjb, BSI, BRI, Mandiri, BCA, dan BNI,” tambahnya.

Baca Juga :  Ikopin University Gelar Dies Natalis ke-60, Tekankan Pentingnya Koperasi dalam Pendidikan

Selama KKJ dan PKJB 2024, serangkaian acara akan digelar untuk menarik pengunjung. Soft opening KKJ-PKJB 2024 akan berlangsung pada Sabtu, 22-23 Juni 2024 di Kawasan Braga Bebas Kendaraan, menampilkan puluhan UMKM unggulan Jawa Barat.

Sementara itu, opening ceremony akan digelar pada Jumat (28/6/2024) di Trans Convention Center, dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara.

Acara ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Business Matching UMKM dengan perbankan, seminar, talkshow, workshop, dan kompetisi. Misalnya, West Java Tourism Talk (WJTT), Workshop olahan pangan, Bincang Literasi dan Motivational Talk, serta Talkshow UMKM Ekspor.

Baca Juga :  Kinerja Tinggi, Pemdaprov Jabar Terima Penghargaan EPPD

Selain itu, akan ada juga Ngabaraya Fashion Walk dan West Java Young Fashion Designer Competition, serta hiburan dari Kahitna dan Yura Yunita.

Untuk mendukung bisnis teh di Jawa Barat, akan digelar side event Java Tea Experience (JTE) 2024 dan West Java Industrial Meeting (WJIM) untuk mendukung sektor industri.

“Melalui forum ini, regulasi terkini seperti perluasan cakupan sektor usaha pada Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) dan kebijakan konektivitas pembayaran intraregional Local Currency Transaction (LCT) akan dibahas lebih mendalam untuk memperkuat iklim investasi dan perdagangan yang kondusif di tengah ketidakpastian kondisi global,” tutup Nur.**

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button