Daerah

Wakili Kecamatan Jatinangor, Desa Cileles Mengikuti Perlombaan BBGRM

FAJARNUSANTARA.COM, SUMEDANG –Desa Cileles mewakili Kecamatan Jatinangor dalam perlombaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Sumedang.

Dimana hari ini, Pemkab Sumedang menerjunkan tim pemeriksa terdiri dari DPMD, Kesra Setda, Pol PP, DLHK, Dinsos dan Dinas Pertanian.

Sementara menurut Kepala Desa Cileles, Duduy Abdul Kholiq mengatakan, perlombaan BBGRM bisa dijadikan motivasi, supaya desa semakin luar biasa lagi dalam hal bergotong royong melalui.

“Ada sejumlah inovasi yang kami sajikan, namun masih tetap normatif, yakni menata lapang sepak bola yang melibatkan karang taruna serta tim sepakbola dan sekarang lapang sepakbola menjadi hijau yang asalnya hanya tanah saja,” ucap Duduy.

Selain itu, kata ia, pihaknya menata pemakaman, bahkan sekaligus dengan regulisinya dengan peraturan desa tetang pemeliharaan pemakaman sampai operasionalnya, serta sampai saat ini banyak swadaya masyarakat yang masuk.

“Pemakaman kami tata dengan baik, ada toiletnya, ada lahan parkirnya juga, dan itu semua murni dari swadaya masyarakat,” katanya

Ia berharap, rasa kegotong royongan warga tertanam dengan baik di masyarakat, jangan hanya sekedar ketika akan mengikut kegiatan lomba BBGRM ini saja.

“Kami tetap kompak dan solid,” tandasnya.

Kabid Pengembangan Desa, Agus Jani mengatakan, sesuai dengan jadwal yang telah di programkan, pihaknya bersama tim memeriksa Desa Cileles Kecamatan Jatinangor dan Desa Sukasari Kecamatan Sukasari.

“Untuk menilai sejumlah klasifikasi tentang 4 Pilar, diantaranya tentang kemasarakatan, mengenai masalah ekonomi masyarakat, sosial budaya dan agama, masalah kesehatan dan yang terakhir tentang lingkunga hidup,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan survey ke lokasi yang dipaparkan oleh kepala desa, baik itu pos ronda terkait Kantibmas serta meninjau langsung masyarakatnya.

“Kita lihat bagaimana penataan lingkungannya sepeti jembatan dan drainase semuanya kita cek,” tandasnya. (ESH).

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button