Nasional

Serikat Pekerja GOBSI Sumedang Kembali Bergerak ke Jakarta: Tuntut Cabut UU No. 6 Tahun 2023

FAJARNUSANTARA.COM,- Aksi protes menggema kembali di jalanan ibu kota saat Serikat Pekerja GOBSI DPC Kabupaten Sumedang di bawah pimpinan Asep Budiman sebagai Ketua DPC, memulai perjalanan menuju Jakarta pada pukul 07.00 WIB.

Mereka bergabung dengan ratusan demonstran dari Aliansi Sejuta Buruh (AASB), dengan tuntutan yang tegas di depan Istana Negara. Kamis 10 Agustus 2023.

Sebanyak 300 anggota Gobsi yang tergabung dalam AASB berpartisipasi dalam aksi tersebut, menyerukan kepada pemerintah agar mencabut UU No. 6 Tahun 2023 yang disebut memiliki kesamaan dengan kontroversial UU Cipta Kerja yang menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

“Aksi ini merupakan langkah konkret dari kaum buruh untuk mengekspresikan ketidakpuasan terhadap dampak yang diakibatkan oleh UU No. 6 Tahun 2023, yang kami pandang merugikan dan menyebabkan penderitaan,” ungkap Asep Budiman, Ketua DPC GOBSI Sumedang.

Dalam aksinya, para buruh membawa spanduk berisi tuntutan dan mengenakan seragam khas AASB. Mereka berjalan bersama dengan semangat tinggi, menyampaikan pesan kuat kepada pemerintah bahwa ketidakpuasan mereka akan terus dinyatakan dengan berbagai cara.

Walaupun jumlah peserta aksi saat ini sekitar 300 orang, Asep Budiman menegaskan bahwa Aliansi Sejuta Buruh siap untuk mengumpulkan lebih banyak dukungan.

“Kami akan terus berjuang sekuat tenaga jika pemerintah terus mengabaikan suara kami. Kami akan bertahan di Jakarta hingga mendapatkan jawaban yang pasti,” ujarnya dengan tegas.

Aksi ini hanya menambah panjangnya daftar unjuk rasa yang telah dilakukan oleh serikat buruh di berbagai wilayah.

Tuntutan untuk memperbaiki kondisi buruh dan meninjau kembali regulasi yang berdampak pada nasib mereka tetap menjadi sorotan utama dalam aksi-aksi protes seperti ini. (smbs)*

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button